Cara Mencari Jurnal yang Terpercaya untuk Tugas Kuliah

Promosi

Jurnal adalah sumber referensi yang paling utama dan diperlukan pada penulisan karya ilmiah, terlebih lagi jika Anda menggunakan jasa penerjemah. Maka dari itu, banyak seorang penelitian, dosen, mahasiswa yang membutuhkan referensi jurnal untuk membuat karya tulis ilmiah.

Kebanyakan orang tentu kesulitan untuk mencari referensi jurnal. Terlebih untuk para mahasiswa yang membutuhkan bacaan untuk referensi tugas kuliah. Berikut ini cara mencari jurnal yang terpercaya yang dapat membantu Anda.

1. Google Cendekia 

Google Cendekia ini muncul pada tahun 2004 dan Google Cendekia sendiri indeksnya mengenai jurnal online yang diemisikan untuk publikasi ilmiah di Indonesia bahkan dunia. Berikut ini cara untuk mencari makalah, skripsi, jurnal dan karya ilmiah di Google Cendekia.

  • Buka situs resmi pada Google Cendekia di https://scholar.google.co.id/.
  • Ketikan keyword atau kata kunci yang sesuai dengan penelitian variabel kemudian klik search atau enter.
  • Silahkan pilih yang sesuai dengan yang Anda cari. Caranya Anda dapat langsung mengklik bagian kanan dari file PDF tersebut. Selain itu Anda juga bisa mencari berdasarkan rentang dan waktu tertentu.

2. Situs Perpusnas

Salah satu situs referensi jurnal Indonesia dan internasional yang sangat terkenal yaitu situs perpusnas. Situs ini telah disewakan Pemerintah Indonesia. Referensi ini berisi mengenai ilmiah yang berbayar akan tetapi telah digratiskan pemerintah. Berikut langkahnya:

  • Masuk pada situs e-resource.perpusnas.go.id.
  • Kemudian Anda bisa mendaftarkan diri Anda terlebih dahulu.
  • Setelah itu Anda mencari sesuai dengan jurnal penelitian variabel.

3. Emerald Insight

Merupakan database jurnal Internasional Bereputasi yang dapat digunakan untuk penelitian atau tugas akhir perkuliahan, khususnya disertasi atau tesis. Untuk langkah langkahnya dibawah ini:

  • Buka alamat https://www.emerald.com/insight/
  • Ketikan kata kunci yang akan Anda cari sesuai dengan penelitian variabel, kata kunci yang dimasukkan menggunakan Bahasa Inggris, kemudian klik search atau enter.
  • Pilih salah satu judul penelitian yang sesuai pada judul penelitian Anda. Sebelum memilih terjemahkan terlebih dahulu untuk memudahkan Anda dalam memahami inti dari judul penelitian, caranya klik kanan kemudian klik translate to Indonesia.
  • Setelah membukanya, lebih baik membaca dahulu sebelum mengunduhnya. Cara untuk mendownloadnya dengan menyalin DOI pada jurnal tersebut.
  • Untuk mengunduh jurnal tersebut salin nomor DOI tersebut buka https://sci-hub.se/ 
  • Mulai mengunduh dengan mengklik save.

4. DOAJ (Directory of Open Journals)

Directory of Open Journals merupakan situs yang menyediakan layanan artikel mengenai ilmiah. Situs menyediakan berbagai jenis artikel tentang ilmiah yang dapat dipercaya karena sudah memenuhi standar penulisan jurnal bertaraf international. Berikut ini langkahnya:

  • Bukalah situs berikut https://doaj.org/.
  • Ketikan kata kunci yang akan Anda cari sesuai dengan penelitian variabel, dapat menggunakan Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia, kemudian klik search atau enter untuk menemukan jurnal International.
  • Pilihlah jurnal yang akan digunakan oleh Anda.
  • Instal terlebih dahulu idm untuk mendownload jurnal yang Anda pilih, pilihlah yang full text.

5. Elsevier

Merupakan penyedia informasi yang sangat banyak dikutip dan sangat kredibel. Selain itu juga menyediakan jurnal berbagai area kedokteran dan sains misalnya kardiologi, mekanika tanah dan anestesiologi.

Selain itu menyediakan terjemahan berbagai negara. Situs yang mempunyai tanda “Gold Open Access” dapat diakses secara gratis. Untuk dapat mengunjungi situs elsevier dapat memasukkan alamat elsevier.com/open-access/.

6. Royal Society Open Science

Situs ini merupakan jurnal open akses penerbitnya adalah Royal Society berasal dari Inggris ilmiah akademi yang paling dihormati dan independen tertua. Situs ini mencakup berbagai jenis misalnya ilmu alam, ilmu hayati, teknik dan ilmu komputer.

7. SAGE Open

Salah satu situs yang penerbit jurnalnya dihormati dalam dunia akademis adalah SAGE Open. Situs ini sendiri menyediakan berbagai studi yang mempunyai standar penelaahan sejawat untuk para mahasiswa, peneliti atau masyarakat umum lain. Cara untuk mengakses situs ini Anda dapat mengunjungi journals.sagepub.com.

Nah, itulah cara mencari jurnal yang terpercaya untuk tugas kuliah yang dapat dijadikan sebagai referensi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post Terbaru

Didukung Oleh:

Anda Punya Pertanyaan?

Kirimkan pertanyaan anda lewat kontak di bawah ini.