Cara Merawat Batu Alam Outdoors Supaya Tetap Kinclong

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Batu alam saat ini sudah menjadi salah satu elemen yang penting untuk memperindah hunian. Sudah semakin banyak masyarakat yang menggunakan batu alam untuk memperindah hunian mereka. Penggunaan batu alam memang bisa memperindah dinding ruangan, pagar, kolam, bahkan taman yang ada di dalam hunian kamu. Apalagi jika penempatan dan pola batu alam yang digunakan sesuai maka bisa menciptakan kesan yang sejuk pada hunian.

Tentu batu alam perlu dirawat secara berkala supaya tampilan serta perfomannya selalu baik. Pada artikel kali ini kita akan berbagi cara merawat batu alam outdoors supaya tetap kinclong bagi kamu yang memiliki eksterior rumah yang terdapat batu alam. Simak pembahasannya baik-baik ya.

Cara merawat batu alam outdoors

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat ingin merawat material batu alam outdoors, yaitu seperti jenis kerusakan serta letak batu alam outdoors. Berikut ini cara merawat batu alam outdoors supaya tetap kinclong:

1. Bersihkan batu alam

Hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu membersihkan batu alam yang mudah digapai terlebih dahulu menggunakan kain, sikat yang lembut, atau spons. Cara membersihkannya yaitu dengan cara memutar supaya permukaan batu alam tidak terkikis atau tergores. Untuk batu alam yang letaknya tinggi dan susah untuk digapai, maka kamu bisa menyemprotnya dengan selang air tetapi jangan terlalu keras.

2. Gunakan air sabun dan detergen

Supaya hasilnya terlihat lebih bersih dan baik, maka kamu bisa membersihkan bagian batu alam yang kotor dengan menggunakan air deterjen atau sabun yang memiliki pH netral. Untuk air sabunnya dicampur dengan sedikit ammonia lalu sikat dengan lembut. Setelah itu, bilas batu alam menggunakan air biasa hingga bersih dan tidak ada bekas sabun atau detergen.

3. Gunakan cairan pemusnah lumut

Jika terdapat lumut di batu alam, maka kamu bisa membersihkannya dengan menyemprotkan cairan pemusnah lumut. Jika sudah kering, lapisi batu alam menggunakan coating sebanyak tiga lapis. Kamu bisa memilih salah satu jenis coating batu alam, yaitu clear coating dan invisible water repellent.

Clear coating ini membentuk lapisan film di permukaan batu yang menjadikan batu terlihat lebih indah, bersih, menonjolkan guratan batu dan menampilkan kesan basah. Sedangkan coating invisible water repellent ini tidak membentuk lapisan film di atas permukaan batu alam, bersifat anti air serta lebih menonjolkan sifat alami batu alam. Kamu bisa memilih coating yang sesuai dengan seleramu.

4. Tempatkan keset

Untuk batu alam yang diletakan di lantai, kamu bisa menempatkan keset di dekat pintu masuk supaya kotoran tidak langsung jatuh ke sela-sela batu alam, tapi tertampung di keset sehingga lebih mudah untuk dibersihkan. Tidak hanya itu, beri juga alas di bawah tiap perabotan rumah seperti tong sampah, vas bunga, dan lainnya supaya tidak terjadi kontak langsung dengan batu alam yang bisa membuatnya menjadi lecet.

Tips merawat batu alam outdoors

Setelah membahas mengenai cara merawat batu alam outdoors supaya tetap kinclong. Kamu juga perlu tahu tips merawat batu alam outdoors berdasarkan jenis masalah yang dihadapi, diantaranya:

1. Perawatan batu alam yang terkikis

Pengaruh cuaca, iklim, dan hal lainnya membuat batu alam outdoors seringkali terkikis. Paparan sinar matahari, angin, dan hujan dalam beberapa waktu bisa membuat batu alam terkikis sehingga tingkat kekerasan batunya menjadi berkurang dan bentuknya lama-lama berbeda. Supaya hal ini tidak terjadi, maka batu alam perlu diberi cairan coating secara rutin agar tetap kuat.

2. Perawatan batu alam yang jamuran dan lumutan

Batu alam yang diletakan di luar ruangan juga rawan terhadap jamur dan lumut, akibat kelembaban yang tinggi dan air hujan, terutama pada batu yang ada di sekitar kolam. Masalah seperti ini sebenarnya mudah untuk diselesaikan, kamu hanya perlu membersihkan batu alam dengan detergen dan disikat dengan lembut lalu disemprot cairan pemusnah lumut. Setelah itu, kamu bisa menggunakan coating setelah batu dalam keadaan kering.

Cuaca yang ekstrim, membuat batu alam outdoors yang sudah lama tidak dirawat bisa mengalami retak dan pecah karena kadar kelembaban yang tinggi dan dibiarkan tanpa perlindungan. Oleh karena itu, merawat batu alam outdoors sangatlah penting. Demikian pembahasan mengenai cara merawat batu alam outdoors supaya tetap kinclong, semoga bermanfaat.

Jika kamu menginginkan batu alam yang berkualitas dan tahan lama, kamu bisa menggunakan batu alam Pontianak. Batu alam ini memiliki motif yang beragam dan bisa disesuaikan dengan konsep rumah kamu.