Senam aerobik atau juga dikenal dengan istilah kardio adalah serangkaian gerakan yang diiringi dengan musik dengan durasi waktu tertentu. Kata ‘aero’ pada aerobik artinya  oksigen, oleh karena itu senam aerobik juga dapat diartikan sebagai senam yang menggunakan oksigen.

Macam gerakan yang ada pada senam aerobik dianggap mampu membuat oto-otot tubuh menjadi aktif yang melibatkan sistem kardiovaskuler. Setiap gerakan pada senam aerobik memiliki tujuannya sendiri seperti, pemanasan supaya tidak terjadi cedera saat melakukan senam, gerakan inti intensitasnya lebih tinggi dan durasi lebih lama, dan pendinginan untuk menormalkan kembali denyut jantung dan otot-otot tubuh.

Sebelum memberikan rekomendasi lagu untuk senam aerobik, alangkah baiknya untuk mengetahui manfaat senam aerobik untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Senam Aerobik

1. Mengurangi berat badan

Gerakan senam aerobik dapat membakar kalori pada tubuh Anda, imbangi juga dnegan pola makan yang sehat.

2. Menjaga kesehatan otot

Senam aerobik sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan otot, dengan ruting melakukan senam dapat membantu aliran darah menjadi lebih lancar sehingga oksigen yang tersuplai ke otot juga lebih lancar dan terhindar dari asam laktat

3. Meningkatnya kesehatan jantung

Senam sangat disarankan untuk penderita penyakit jantung karena mampu menguatkan jantung dengan memacu untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

4. Menambah stamina

Senam akan membuat Anda lebih segar dan tidak mudah sakit.

5. Mengurangi stress

Senam dapat meredakan dan mengatasi stress, aerobik akan menghasilkan hormon endorfin yang membuat Anda bahagia.

Rekomendasi Lagu Senam Aerobik yang Bikin Semangat

Berikut rekomendasi lagu untuk senam aerobik yang dapat membuat Anda semakin bersemangat melakukan senam:

1. Roar

Lagu berjudul Roar ini dipopulerkan oleh Katy Perry, Roar sendiri dapat menjadi lagu untuk pemanasan saat senam. Dengan tempo 92 BPM, lagu ini bermakna tentang keberanian dan kekuatan.

2. Happy

Happy dari Pharrel Williams ini juga terkenal banget. Dengan tempo lagu 160 BPM, lagu ini sangat cocok untuk karido tingkat yang paling tinggi. Happy juga merupakan soundtrack dari film animasi terkenal Despicable Me 2.

3. We’ll Be Alright

Salah satu lagu yang cocok untuk gerakan inti adalah We’ll Be Alright yang dinyanyikan Travie McCoy. Lagu ini memiliki tempo 140 BPM yang dapat menambah semangat saat senam.

4. One Way or Another

Lagu yang dibawakan oleh boygroup terkenal dari UK yaitu One Direction. Lagu One Way or Another ini membuat Anda tidak mudah merasa capek dan selalu bersemangat saat senam. Hal itu dikarenakan lagu ini memiliki tempo yang cepat 161 BPM.

5. Goyang Dumang

Hampir semua masyarakat Indonesia tahu lagi ini, lagu ini merupakan salah satu lagu dari cita citata yang terkenal dan berhasil melambungkan namanya. Irama yang asik dan tempo yang cepat 132 BPM, tak jarang lagu ini digunakan untuk aerobik karena dapat menambah semangat.

6. Meraih Bintang

Lagu yang dinyanyikan oleh salah satu penyanyi dangdut Indonesia terkenal Via Vallen. Tidak hanya itu, lagu ini merupakan official theme song ajang olahraga terbesar di Asia yaitu Asian Games 2018 yang bertempat di Jakarta Palembang. Lagu ini memberikkan semangat para atlet untuk meraih bintang.

7. Lagi Syantik

Lagu dangdut populer lainnya yang cocok untuk senam aerobik  adalah lagi syantik yang dipopulerkan oleh pedangdut Siti Badriah. Memiliki tempo 102 BPM, irama pada lagu ini sangat enak untuk berjoget, hal itulah yang membuat banyak yang menggunakannya untuk latar belakang musik untuk aerobik.

8. Energetic

Tidak hanya lagu barat dan Indonesia saja, banyak juga lagu kpop yang cocok untuk senam aerobik. Hanya didengarkan saja lagu ini dapat membuat lebih semangat dan juga berenergi. Lagu yang dipopulerkan oleh Wanna One ini juga sangat terkenal dikalangan Kpopers.

9. 3.6.5

Bside track dari album XOXO 3.6.5 yang dipopulerkan oleh boygroup terkenal EXO inijuga bisa dijadikan untuk mengiringi senam aerobik. Dengan beat yang menyenangkan lagu ini akan membuat semangat Anda bertambah.

10. After School

Lagu yang dirilis awal 2021 ini sangat booming dan trending di Youtube, tidak hanya itu lagu ini juga viral di platform TikTok dan dijadikan backsound di berbagai video TikTok. Weekly membawakan lagu ini dengan ceria sehingga pendengarnya pun juga merasa ceria dan bersemangat, itulah sebabnya lagu after school ini juga cocok untuk aerobik.

Nah, itu dia 10 rekomendasi lagu senam aerobik yang membuat semangat. Diantara 10 lagu diatas manakah yang menjadi favorit Anda?