Mengenal Permainan Rounders: Lapangan Permainan Rounders dan Peralatannya

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Pernahkah Anda mendengar atau malah memainkan permainan rounders? Jenis permainan yang satu ini lumayan terkenal dimainkan saat jam olahraga pada beberapa tingkat sekolah. Mulai dari SD, SMP, sampai dengan SMA. Permainan rounders ini dikenal sebagai permainan yang sangat seru. Simak penjelasan berikut mengenai permainan rounders.

Mengenal Permainan Rounders

Permainan rounders yaitu suatu permainan atau juga olahraga bola kecil yang hampir mirip dengan permainan baseball, bola bakar, kasti, dan juga softball. Cara memainkan permainan rounders ini hampir mirip dengan permainan-permainan tersebut.

Cara bermain permainan yang satu ini yaitu dengan memukul bola kemudian mengelilingi lapangan yang sebelumnya sudah diberi tanda dengan titik base maupun tiang. Pemenang permainan rounders ditentukan melalui regu mana yang paling banyak berhasil mengelilingi lapangan tersebut. Pada setiap regu terdiri dari sebanyak 9 orang pemain.

Agar dapat menjadi pemain rounders yang handal, Anda harus menguasai beberapa teknik-teknik dasar. Teknik dasar ini yaitu berupa kemampuan dalam memukul bola, menangkap bola, melempar bola, serta juga menghindari dari sentuhan bola kecil.

Permainan rounders ini telah dimainkan di negara Inggris sejak zaman Tudor dulu. Hal ini telah terbukti dari buku yang mempunyai judul Pocket Pretty. Yang dimana pada buku ini permainan rounders disebut dengan permainan dasar bola.

Kemudian di tahun 1828, telah terbit buku edisi kedua yaitu yang mempunyai judul Pemilik The Boy karangan William Clarke di negara London. Dalam buku itu menjelaskan bahwa aturan permainan rounders serta deskripsi dari permainan rounders dalam bahasa Inggris. Aturan dari permainan rounders ini ditetapkan secara resmi oleh NRA atau National Rounders Association yang dulunya dibentuk di tahun 1943.

Teknik Dasar Rounders

Sebagai salah satu olahraga yang menyenangkan sekaligus juga menyehatkan, maka tentunya tiap pemainnya ingin menjadikan dirinya sebagai pemenang. Oleh karena itu apabila Anda mempunyai keinginan untuk menjadi pemain rounders handal, Anda perlu memahami penjelasan berikut. Beberapa teknik dasar rounders adalah sebagai berikut.

Teknik Memegang

Memegang yaitu termasuk salah satu teknik dasar yang perlu dikuasai oleh para pemain rounders. Penanganan bola yang cukup baik memiliki pengaruh terhadap lemparan yang terarah dan juga lemparan yang tepat. Berikut ini terdapat sebanyak tiga teknik memegang bola di permainan rounders.

  • Pegang bola dengan menggunakan sebanyak 5 jari tangan.
  • Memegang bola dengan menggunakan sebanyak 3 jari tangan.
  • Pegang bola dengan menggunakan sebanyak 4 jari tangan.

Teknik Melempar

Agar dapat menghasilkan lemparan yang bagus maka pemain rounders perlu menguasai beberapa teknik dasar melempar pada permainan rounders ini. Terdapat sebanyak tiga jenis lemparan pada permainan yang satu ini. Berikut ini tiga jenis lemparan pada permainan rounders.

Melempar Melambung
Lemparan melambung ini biasanya digunakan untuk melempar dalam jarak yang jauh. Dalam lemparan melambung ini pemain perlu melambungkan bola yang tinggi serta jauh. Maka dari itu diperlukan tenaga yang kuat untuk melakukan lemparan melambung ini.

Melempar Bawah
Lemparan menyusur tanah atau sering disebut dengan lemparan bawah ini yaitu lemparan yang arah dari bolanya menyusuri tanah. Lemparan bawah ini umumnya dilakukan saat dalam keadaan darurat. Serta biasanya dilakukan dengan secara cepat.

Cara melakukan lemparan bawah ini yaitu badan berposisi membungkuk serta kedua kaki juga agak sedikit ditekuk. Kemudian ayunkan tangan dari arah samping menuju ke atas depan bagian bawah. Dan setelah itu gerakan lemparan bawah tersebut dengan disertai lecutan tangan.

Melempar Mendatar
Lemparan mendatar yaitu lemparan bola yang mana arahnya mendatar serta juga cepat. Teknik dalam melakukan lemparan yang satu ini mengayunkan tangan dari arah belakang menuju ke depan sejajar dengan bahu.

Teknik Menangkap

Teknik menangkap pada permainan rounders yaitu terdiri dari beberapa macam. Tergantung dari mana arah datangnya bola. Umumnya datangnya arah bola ini dikelompokkan menjadi 3 bagian. Yaitu bola datang langsung, bola datang bergulir, dan yang terakhir bola yang melambung.

Teknik Memukul

Apabila melakukan pukulan yang cukup baik, maka dapat dipastikan bahwa suatu tim yang melakukan pukulan baik tersebut bisa menguasai permainan. Maka dari itu pemain permainan ini perlu menguasai beberapa keterampilan cara melempar yang baik dan juga benar. Terdapat sebanyak dua jenis teknik memukul. Berikut ini jenis teknik dasar memukul.

Swing atau pukulan dengan ayunan
Swing atau pukulan dengan ayunan merupakan suatu teknik memukul yang bermula dengan mengayunkan kayu pemukul.

Bunt atau pukulan tanpa ayunan
Bunt atau pukulan tanpa ayunan merupakan suatu pukulan yang dilakukan tanpa mengayunkan kayu pemukul, dan hanya menyentuhkan kayu pemukul terhadap bola.

Pukulan bunt atau pukulan tanpa ayunan ini hanya dilakukan saat menunggu bola mengenai kayu pemukul sampai dengan pantulan bola terjatuh di area dekat pemukul. Pukulan bunt ini juga merupakan suatu pukulan yang dilakukan agar mengelabuhi regu penjaga.

Teknik Berlari

Jika telah memukul bola, maka pemain harus dengan segera berlari menuju ke bas. Lari untuk menuju ke bas pada permainan yang satu ini disesuaikan dengan situasi yang terjadi dalam permainan.

Kemudian ketika saat tertentu pelari diharuskan untuk berlari dengan secepat-cepatnya. Beberapa hal yang harus diperhatikan saat berlari yaitu cara menuju ke tempat hinggap serta pastikan agar keadaan dari tempat hinggap belum tersentuh oleh pihak lawan.

Lapangan Permainan Rounders

Ukuran dari lapangan untuk permainan rounders yaitu sebagai berikut.

  1. Lapangan dari permainan rounders memiliki bentuk segi lima.
  2. Panjang sisi dari lapangan permainan rounders yaitu 15 meter.
  3. Pada lapangan permainan rounders terdiri dari lima tiang hinggap atau juga base yang memiliki ukuran sekitar 40 cm x 40 cm.
  4. Tempat pitcher plate atau juga tempat pelambung memiliki ukuran 40 cm x 80 cm.

Peralatan Permainan Rounders

Sama halnya dengan permainan olahraga yang lain, permainan rounders juga memerlukan beberapa peralatan tertentu dalam menunjang jalannya permainan ini. Berikut beberapa peralatan yang dibutuhkan dalam permainan rounders.

Alat Pemukul

Alat pemukul dalam permainan rounders berbahan dari kayu yang mempunyai bentuk bulat serta memanjang. Alat pemukul ini kira-kira memiliki panjang yang berukuran 80 cm, diameter 3 cm, dan dengan keliling pegangan 40 cm. Pemukul bisa menggunakan pemukul dalam permainan bola kasti untuk bisa bermain permainan rounders ini.

Bola

Bentuk bola dalam permainan rounders yaitu bulat dan juga kecil. Bahan luar dari bola terbuat dari karet. Dan untuk isi bolanya terbuat dari bahan sabut kelapa. Berat yang dimiliki bola ini yaitu kurang lebih sekitar 70 sampai dengan 85 gram. Bola kecil ini umumnya memiliki warna orange atau juga merah.

Tempat Hinggap atau Base

Base atau juga tempat hinggap dalam permainan rounders berupa keset yang mempunyai bentuk seperti bujur sangkar. Ukuran dari base atau tempat hinggap ini yaitu kurang lebih sekitar 40 cm x 40 cm.

Itulah tadi pembahasan mengenai mengenal permainan rounders, lapangan permainan rounders, peralatan permainan rounders, teknik dasar rounders. Anda dapat memahami penjelasan diatas agar Anda lebih tahu tentang permainan rounders.