Mengenal Sistem Penggajian Payroll yang Praktis dan Aman

Promosi

Undang Undang Ketenagakerjaan mengatur sistem penggajian yang dimana nominalnya disesuaikan dengan kompetensi, jabatan produktivitas dan lain sebagainya. Dengan adanya teknologi yang semakin canggih sistem pembagian upah juga mengalami kemajuan.

Pembagian uang ini dilakukan tidak secara manual tetapi secara digital dengan memanfaatkan kecanggihan dari sistem payroll. Sistem aplikasi payroll merupakan sistem pembayaran upah kepada karyawan melalui perhitungan waktu tertentu.

Macam macam Sistem Penggajian

Sistem penggajian atau memberikan upah kepada karyawan ini terdapat 3 jenis, dalam pertimbangan faktor tertentu misalnya beban kerja dan produktivitas. Dibawah ini adalah macam macam dari sistem pemberian gaji diantaranya:

1. Skala Tunggal

Skala tunggal merupakan sistem pemberian upah dari perusahaan yang berdasarkan dari posisi kerjanya atau pangkat. Pada sistem ini tidak mempertimbangkan atas tanggung jawab atau mengenai pekerjaan.

Apabila jabatan dari karyawan setara maka akan mendapatkan gaji yang sama dengan yang lain.

2. Skala Ganda

Skala ganda ini merupakan sistem pemberian upahnya mempertimbangkan kemampuan pada karyawan. Misalnya dengan pertimbangan dari tanggung jawab, prestasi dan jenis pekerjaan dari karyawan.

Penggajian sistem ini lebih efektif dan adil jika dibandingkan dengan sistem penggajian sebelumnya.

3. Campuran

Sistem campuran ini adalah kombinasi yang sering digunakan perusahaan yakni dari skala ganda dan skala tunggal. Karyawan yang mempunyai jabatan yang sama maka akan mendapatkan gaji yang sama, akan tetapi ditambah dengan tunjangan. Bentuk dari tunjangan tersebut berupa beban dari tanggung jawab.

Sistem Penggajian dari Payroll

Pemberian upah dipertimbangkan dari berbagai hal misalnya dengan lembur dengan pencatatan yang rinci dan perlu diperhitungkan. Apabila perusahaan yang berskala kecil maka bisa memperhitungkan dengan manual. Akan tetapi sebaliknya jika perusahaan berskala besar maka akan menghabiskan waktu yang banyak kemungkinan terdapat kesalahan.

Sekarang ini telah hadir sistem payroll yang dapat mempermudah dan praktis saat pembagian upah. Payroll adalah pembagian upah kerja dari perusahaan kepada karyawan yang lebih praktis dengan jangka waktu yang tertentu.

Pembagian gaji kepada karyawan akan lebih mudah dengan pekerjaan human resource apalagi pada perusahaan yang jumlah karyawannya banyak dan berskala besar.

Manfaat dari Sistem Payroll

Dengan menggunakan sistem ini terdapat beberapa manfaat yang didapatkan antara lain berikut ini:

1. Mempersingkat waktu

Pada bagian administrasi atau Human Resource dalam pembagian gaji kepada semua karyawan akan lebih cepat dan mudah. Setiap pembagian, payroll akan memberikan laporan pemberian upah dan pencatatan absensi.

2. Rincian gaji diketahui

Karyawan juga akan mendapatkan slip gaji atau rincian gaji. Dengan rincian gaji ini semua komponen besaran gaji akan terpengaruhi dan terlihat. Misalnya pada uang lembur, gaji pokok serta tunjangan kesehatan dari pemotongan gaji.

3. Data tersimpan dengan otomatis dan aman

Data yang tersimpan milik karyawan tanpa menulis manual akan otomatis dan aman. Selain data yang baru juga terdapat data yang sudah lama yang bisa mempermudah ketika terjadi masalah. Apabila terjadi perubah, mengganti atau menghapusnya mudah.

4. Sesuaikan dengan kebutuhan

Dengan menggunakan sistem aplikasi payroll pada masing masing perusahaan tentunya bisa mengatur sesuai dengan kebutuhannya. Pengaturan ini bisa pada fitur apa saja. Apabila perusahaan semakin besar maka semakin banyak pula fitur yang dibutuhkan.

5. Pelayanan Sendiri

Untuk layanan payroll bisa melihat gaji, bonus dan potongan dilakukan self service atau pelayanan sendiri. Tidak hanya itu, karyawan juga dapat mengajukan cuti tanpa menggunakan surat tertulis. Akses pada sistem ini bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun dengan sistem cloud.

6. Pembuatan formulir pajak terbantu

Selain itu payroll juga dapat membantu pihak yang membutuhkan pembuatan formulir pajak baik itu karyawan maupun perusahaan. Bagi pihak yang membutuhkan bisa dikirim atau cetak tanpa memerlukan ongkos kirim. Selain mempersingkat waktu payroll juga juga dapat menghemat pengeluaran.

Nah, itulah ulasan mengenai sistem penggajian payroll yang otomatis dan aman. Dengan adanya sistem payroll ini semoga dapat lebih mempermudahkan administrasi saat memberikan upah dari perusahaan kepada semua karyawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post Terbaru

Didukung Oleh:

Anda Punya Pertanyaan?

Kirimkan pertanyaan anda lewat kontak di bawah ini.