Persiapan Apa Saja yang Perlu Dilakukan Sebelum Masuk Ke Dunia Kerja

Promosi

Dunia kerja merupakan suatu hal yang harus kita lakukan setelah lulus dari jenjang pendidikan, dalam dunia kerja nanti Anda akan melewati masa sulit yang harus dilewati dengan baik.  Sebelum masuk dunia kerja pasti akan ada berbagai masalah yang datang dan harus Anda harus siap untuk menyelesaikannya, selain itu, dengan bekerja akan menjadi jaminan masa depan yang baik di masa mendatang dan sekaligus menjadikan pribadi yang pekerja keras tidak pemalas.

Sudah tahukah Anda persiapan apa saja yang perlu dilakukan sebelum masuk ke dunia kerja? Jika belum tahu ayo kita simak bersama beberapa penjelasan singkatnya berikut ini.

1. Mencari Tahu Informasi Pekerjaan

Cobalah untuk mencari tahu lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan atau keterampilan yang Anda punya, dengan mencari pekerjaan dapat menumbuhkan rasa semangat untuk melakukan pekerjaan yang cocok pada masa depan.

Biasanya perusahaan akan pasang iklan lowongan kerja gratis di situs tertentu. Anda dapat mencarinya untuk megetahui informasi pekerjaan yang tersedia.

Jika sebelumnya Anda pesimis dan berpikiran tidak bisa bekerja di bidang studi yang diinginkan, maka akan membuat lebih semangat karena sudah telah mengetahui ternyata ada banyak lowongan pekerjaan yang berhubungan dengan bidang kemampuan Anda.

2. Tingkatkan Kemampuan

Di era saat ini Anda perlu meningkatkan skil kemampuan yang sudah dimiliki menjadi lebih baik lagi, setelah menemukan pekerjaan yang pas ada kemungkinan CV yang Anda buat akan menambah nilai sehingga perusahaan akan melihat CV tersebut.

Contohnya ketika Anda bergelut di bidang studi tentang IT, manajemen bisnis, accounting dan yang lain maka cobalah untuk belajar secara luas seperti latihan menggunakan software Ms Office dan Excel karena ada hampir perusahaan pasti membutuhkan kemampuan ini

3. Memperluas Jaringan

Ketika Anda sekolah atau kuliah pasti berkenalan dengan teman-teman, guru, dosen bangunlah hubungan yang baik dengan mereka, dengan memperluas jaringan Anda bisa mendapatkan berbagai informasi yang mungkin saja bersangkutan dengan lowongan pekerjaan.

4. Bisa Kerja di Perusahaan Impian

Jangan takut untuk bermimpi bisa bekerja di perusahaan yang diinginkan, hanya karena memiliki kemampuan yang belum mencukupi atau tidak sesuai dengan standar perusahaan. Apa salahnya untuk mencoba, ketika Anda memiliki rasa pesimis justru akan membuat Anda tidak bisa mencapai tujuannya.

5. Visi Misi Untuk 5 Tahun yang Akan Mendatang

Buatlah visi misi untuk 5 tahun ke depan, dengan visi misi tersebut akan mempermudah Anda untuk memikirkan keinginan atau cita-cita yang akan dicapai di masa depan. Dengan begitu langkah Anda yang selanjutnya akan lebih terarah dan tepat sesuai prinsip yang dibuat di awal.

6. Mempersiapkan Diri

Dalam dunia kerja sangatlah berbeda saat Anda masih kuliah, dunia kerja akan lebih mentang lagi karena akan dituntut menjadi pribadi yang mandiri, disiplin terhadap peraturan, dan juga bisa melakukan tanggung jawab dengan pekerjaannya. Oleh karena itu, Anda perlu menguatkan mental dan mempersiapkan diri untuk menghadapi masalah yang mungkin saja terjadi di pekerjaan Anda, saat masalah datang pun bisa dihadapi dan diselesaikan dengan tenang.

7. Tanamkan Diri yang Kreatif dan Inisiatif

Tidak hanya itu untuk melakukan persiapan yang perlu dilakukan sebelum masuk dunia kerja, walaupun sudah memiliki kemampuan yang dirasa sudah cukup tapi dalam dunia kerja nanti. Karena Anda perlu tanamkan pada diri agar bisa kreatif dan inisiatif untuk bisa memecahkan permasalahan yang kerap terjadi, dengan begitu segala masalah yang datang pun akan menjadi hal biasa.

8. Jangan Terpaku pada Gaji

Cobalah untuk tidak terpaku terhadap gaji, karena ketika Anda terpaku pada hal tersebut maka akan lebih sulit mencari pekerjaan dan akan mencari kembali perusahan yang memberikan gaji yang pas belum tentu ada. Hal yang harus di lakukan hanyalah menambah wawasan kemampuan agar lebih baik lagi.

Ketika sedang magang janganlah merasa berkecil hati, malah dengan melakukan magang akan menambah ilmu untuk bekal nanti saat masuk ke dunia kerja yang nyata, nikmati segala proses yang dilakukan maka hal yang diinginkan akan tercapai di kemudian hari.

9. Buat CV ( Curriculum Vitae)

Buatlah CV yang menarik dan harus sesuai dengan kemampuan yang dimiliki, karena CV yang dituliskan kemungkinan akan di tanyakan dan saat sudah masuk ke dunia kerja akan diperintahkan untuk melakukan seperti yang di tulis di CV malah akan menjadi kesulitan bagi Anda sendiri.

10. Jagalah Kesehatan Tubuh

Jagalah kesehatan adalah hal yang terpenting, jika tubuh sehat bekerja pun akan nyaman dan bisa menjalankannya dengan baik. Dalam menjaga kesehatan Anda perlu memakan makan yang bergizi dan lakukanlah olahraga secara rutin, tidak hanya itu istirahat yang cukup juga sangat diperlukan, jangan sampai tubuh sudah merasa kelelahan tapi masih dipaksa untuk bekerja.

Nah, itulah hal yang dapat kami berikan mengenai persiapan apa saja yang perlu dilakukan sebelum masuk ke dunia kerja, sebenarnya masih banyak tips yang perlu dilakukan tetapi hal itulah yang menjadi point utamanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post Terbaru

Anda Punya Pertanyaan?

Kirimkan pertanyaan anda lewat kontak di bawah ini.

Categories