Servis Dalam Bola Voli : Macam-macam, Aturan, dan Cara Melakukannya

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Melakukan servis dalam permainan bola voli bisa diartikan sebagai pukulan atau juga serangan pertama. Hal ini karena servis dalam bola voli dilakukan dalam memulai suatu permainan atau mengawali setiap reli. Dalam permainan ini, terdapat 3 macam servis dalam bola voli diantaranya yaitu servis bawah, servis atas dengan melompat, dan jga servis atas.

Apa itu servis dalam bola voli?

Dikutip dari kamus yang berjudul Federation Internationale de Volleyball atau lebih sering disebut dengan FIVB, servis menjadi tanda dari dimulainya setiap reli. Salah satu pemain diharuskan untuk melakukan pukulan bola dengan menggunakan tangannya. Maka dari itu bola nantinya akan meluncur pada atas net agar mendarat pada dalam garis lapangan area tim lawan.

Selain itu terdapat berbagai pendapat mengenai arti dari servis dalam bola voli ini. Dan apabila dilihat dari posisi pemain yang sedang melakukannya, servis ini dapat diartikan sebagai upaya untuk memasukkan bola ke area lawan. Yaitu oleh pemain bagian kanan belakang yang tengah berada pada daerah servis. Kemudian cara memukul bolanya yaitu dengan menggunakan satu tangan.

Berdasarkan fungsinya, servis merupakan suatu modal bagi tim yang menyerang agar bisa memperoleh poin atau juga nilai. Kemudian, tim bertahan diharuskan untuk mengembalikan bola servis dari tim yang menyerang tersebut. Dan apabila gagal, maka poin akan menjadi milik tim yang menyerang.

Saat melakukan servis, pemain bisa menggunakan underhand atau servis bawah atau juga overhand atau servis atas. Kemudian servis yang paling populer dan sangat sering dilakukan yaitu servis sambil melompat di udara atau jump service. Dan servis yang jarang dijumpai pada permainan bola voli tingkat elite yaitu servis bawah atau underhand.

Macam-Macam dan Cara Melakukan Servis Dalam Bola Voli

Dalam permainan bola voli ini, terdapat 3 macam servis. Setiap macam pasti berbeda cara dan teknik melakukannya. Berikut ini macam-macam dan cara melakukan servis dalam bola voli.

1. Servis bawah atau underhand

Servis bawah atau nama lain dari underhand merupakan servis yang dinilai sangat mudah pada permainan bola voli. Akan tetapi, servis bawah atau underhand ini juga yang sangat mudah diterima oleh tim lawan. Oleh karena itu servis bawah atau underhand ini sangat jarang dilakukan atau dipakai dalam permainan bola voli.

Cara melakukan servis bawah atau underhand ini yaitu dengan memukul bola dari ketinggian yaitu sekitar pinggang dari pemain yang mempunyai tugas untuk menjalankan atau melakukan servis. Bola harus terlebih dahulu diletakkan pada tangan yang tidak digunakan untuk memukul. Kemudian bola tersebut diayun dari posisi belakang badan, serta posisi ayunan tangan tersebut di bagian bawah.

2. Servis atas atau overhand

Servis atas atau overhand ini dilakukan yaitu dengan cara pemain memukul bola dengan ayunan tangan dari bagian atas. Kemudian gerakan servis atas atau overhand ini diawali dengan cara melambungkan bola pada atas kepala, lalu memukulnya dengan ayunan tangan bagian atas.

3. Servis dengan melompat di udara

Servis dengan melompat di udara atau jump service ini dilakukan dengan cara melempatkan bola ke atas. Kemudian pemain yang melakukan servis tersebut harus berancang-ancang dan juga melompat. Setelah itu pemain memukul bola dengan sekuat tenaga dalam keadaan ini. Servis dengan melompat di udara atau jump service ini cukup sulit dan mematikan untuk tim lawan.

Aturan Kegagalan Servis Dalam Bola Voli

Pada tiap pemain hanya mendapatkan satu kesempatan saja dalam melakukan servis. Dan sebagai catatan, servis nantinya akan selalu sah walaupun menyentuh net, asal bola tersebut berlanjut ke lapangan tim lawan.

Kemudian sebelum peraturan mengenai sahnya servis yang menyentuh net serta berguli pada area lawan tersebut diterapkan pada Federation Internationale de Volleyball atau FIVB. Seluruh servis yang telah mengenai net maka dapat diartikan servis tersebut mengakhiri reli dan poin akan diberikan kepada tim yang bertahan.

Ketika tim yang sedang melakukan servis atau tim penyerang kalah reli, maka tim tersebut dinyatakan kehilangan hak untuk melakukan servis lagi. Sedangkan tim bertahan atau tim lawan akan mendapatkan keuntungan yaitu akan mendapat poin yang diberikan untuk mereka.

Teknik Jitu Servis Dalam Bola Voli

Menurut M.Yunus (1992:138) pada Olahraga Pilihan Bola Voli ada beberapa teknik atau taktik yang bisa diterapkan supaya servis yang dilakukan bisa menghasilkan poin untuk tim penyerang. Berikut beberapa teknik jitu servis dalam bola voli.

1. Mengarahkan servis kepada lawan yang lemah

Teknik atau taktik jitu yang pertama yaitu mengarahkan servis kepada lawan yang lemah. Anda dapat mengarahkan servis kepada lawan Anda yang memiliki kemampuan passing lemah. Dengan begitu, saat pemain tersebut menerima servis Anda, maka pemain tersebut akan kesulitan dalam memberikan umpan bagi rekan timnya agar mengembalikkan bola ke arah net tim penyerang.

2. Mengarahkan servis ke area yang kosong

Teknik atau taktik jitu yang kedua yaitu mengarahkan servis ke dalam area yang kosong. Dengan menggunakan cara seperti ini maka para pemain tim lawan akan melakukan gerakan menyongsong bola dari posisi awal mereka. Kemudian akan ada kemungkinan terlambat dalam menyambut bola tersebut.

Terdapat juga cara yang lainnya yaitu dengan melakukan servis pada arah ruang antara dua pemain tim lawan. Dengan begitu kedua pemain tim lawan tersebut akan gagap dalam menyongsong bola.

3. Mengarahkan servis ke arah sudut pada lapangan bagian belakang tim lawan

Teknik atau taktik jitu yang ketiga yaitu mengarahkan servis ke arah sudut lapangan bagian belakang tim lawan. Dengan menggunakan taktik ini maka para pemain lawan akan merasa kesulitan dalam mengarahkan bola kepada si pengumpan.

4. Melakukan servis dengan menggunakan teknik yang tak sama

Teknik atau taktik jitu yang keempat yaitu melakukan servis dengan menggunakan teknik yang berbeda atau tidak sama. Hal ini dapat dilakukan supaya bisa merusak irama dari permainan lawan. Selain itu dengan cara ini maka akan membuat lawan tidak bisa memprediksi servis apa yang akan dipakai selanjutnya.

5. Mengarahkan servis kepada pemain tim lawan yang terlihat tidak siap

Teknik atau taktik jitu yang terakhir yaitu mengarahkan servis kepada pemain tim lawan yang terlihat tidak siap atau sedang lengah. Contohnya seperti pemain pengganti yang baru masuk atau pemain yang baru saja membuat suatu kesalahan dalam permainan bola voli tersebut. Anda dapat melakukan cara seperti ini supaya tim lawan akan semakin kewalahan dalam menanggapi servis Anda.

Itulah tadi pembahasan mengenai servis dalam bola voli : macam-macam, aturan, dan cara melakukannya. Servis dalam bola voli tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Ada teknik dan cara melakukannya yang benar supaya Anda berhasil mendapatkan poin atau nilai. Anda dapat memahami pembahasan diatas supaya Anda lebih paham tentang servis dalam bola voli.