5 Negara yang Paling Banyak Memenangkan Medali di Olimpiade

Umum

Kemenangan atlet menjadi kebanggan pada suatu negara apalagi dapat membawa pulang medali di ajang olimpiade. Bahkan negara kita juga pernah merasakan hal tersebut, yang dapat meraih medali pada Olimpiade Tokyo tahun 2020 dari atlet Windy Cantika Aisah.

Atlet ini masih berusia 19 tahun dan menang dalam cabang olahraga angkat besi sehingga membawa pulang medali perunggu. Sementara urutan negara kita Indonesia berada di peringkat 24.

Olimpiade ini digelar setiap tahunnya di berbagai negara, sudah ratusan tahun lamanya. Nah, tentunya dalam olimpiade ada negara yang paling banyak memenangkan medali di ajang ini. Lalu apa negara mana saja yang memenangkannya? Yuk kita bahas mengenai hal tersebut, berikut ini.

  1. Amerika Serikat

Negara yang menjadi urutan pertama adalah Amerika Serikat yang telah memenangkan medali emas sebanyak 1.061, medali perak 832 dan medali perunggu 740. Medali tersebut dimenangkan dari tahun 1896 sampai 2020.

Dalam sejarah olimpiade yang sudah ratusan tahun Amerika tidak pernah absen untuk tidak mengikuti ajang ini, kecuali pada tahun 1980 karena ada masalah boikot kala itu. Bahkan pada olimpiade di Tokyo 2020, juga berhasil memenangkan kembali medali emas 39, perak 41, dan perunggu 33.

  1. Rusia

Selanjutnya negara urutan kedua yang berhasil memenangkan medali terbanyak di olimpiade adalah Rusia. Negara ini mendapatkan medali emas sebanyak 589, medali perak 357, dan medali perunggu 481.

Bahkan presiden Rusia mengatakan bahwa semua atlet dalam olimpiade merupakan pahlawan karena mampu membawa kemenangan. Tidak hanya itu atlet dari cabang olahraga senam putra juga untuk pertama kalinya berhasil membawa pulang emas beregu tahun 1996.

Sedangkan Evgeny Rlov atlet renang yang saat itu menggunakan gaya punggung 100-200 meter mendapatkan medali emas dan Maria Lasitskene untuk atlet lompat tinggi serta atlet lainnya juga.

  1. Uni Soviet

Uni Soviet adalah negara di urutan ketiga yang memenangkan medali terbanyak pada olimpiade. Medali yang didapat ada 473 medali emas, 376 medali perak, dan 355 medali perunggu.

Negara ini mulai berpartisipasi dari tahun 1952 dan berlanjut ke masa yang selanjutnya. Atlet dari Rusia yang memenangkan medali terbanyak ada Anastasia Davydova adalah atlet renang indah, Yevgeniya Kanayeva atlet senam ritmik, dan Pavel Kabanov atlet scuba diving dan finswimming.

  1. Jerman

Urutan ke empat ada negara Jerman yang berhasil meraih medali sebanyak 653 yaitu 201 medali emas, 206 medali perak dan medali perunggu 246. Negara ini bergabung pada tahun 1936 dan pernah menjadi tuan rumah tiga kali dalam olimpiade.

Ketika tahun 1936 saat olimpiade musim dingin, 1936 olimpiade musim panas dan 1972 pada olimpiade musim panas. Namun jerman pernah mengalami masalah dan tidak diperbolehkan mengikuti olimpiade karena adanya perang dunia.

  1. Tiongkok

Tiongkok menduduki urutan kelima dalam menerima medali terbanyak pada ajang olimpiade, yaitu ada 262 medali emas, 200 medali perak, dan 174 medali perunggu yang didapatkan para atlet asal Tiongkok tersebut.

Bahkan pada olimpiade tahun 2020 di Tokyo membawa pulang medali emas 32, sehingga menduduki posisi paling atas. Atlet asal Tiongkok yang mendapatkan medali paling banyak adalah Li Xiaopeng dalam senam ritmik, Wang Nan pada Olahraga tenis meja, Wang yifu cabang olahraga Menembak dan masih ada lainnya.

Nah, itulah penjelasan yang dapat kami berikan mengenai 5 negara yang paling banyak memenangkan medali olimpiade. Semoga penjelasan dari kami dapat memberikan pengetahuan dan wawasan untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post Terbaru

Didukung Oleh:

Anda Punya Pertanyaan?

Kirimkan pertanyaan anda lewat kontak di bawah ini.