Apa itu Olahraga Ziplining dan Bagaimana Caranya?

Umum

Bagi para penyuka olahraga yang menantang, tentu saja sudah tidak asing dengan istilah ziplining atau flying fox. Ziplining ini merupakan salah satu olahraga ekstrim tetapi banyak orang yang menyukainya.

Destinasi outbond ini sangat disukai oleh penyuka tantangan adrenalin tinggi. Selain itu juga dari ketinggian dapat menikmati suasana keindahan pemandangan pegunungan. Sehingga orang orang akan lebih puas untuk melihat keindahan panorama.

Hampir semua daerah dataran tinggi maupun negara memiliki destinasi zipling untuk meluncur dari ketinggian satu titik ke titik yang lain dengan cara bergelantungan pada tautan tali. Untuk lebih mudahnya dapat disebut dengan luncur gantung.

Akan tetapi setiap negara mempunyai destinasi andalan untuk bermain ziplining. Untuk memulai zipling ini perlu menggunakan peralatan yang memadai, misalnya kabel yang terhubung dengan katrol. Ziplining juga dengan dengan tali pengaman dan tempat duduk.

Pengembalian pegangan atau tempat duduk dengan cara menarik atau mendorong, maka kabel pendek akan kembali ke puncak bukit atau ke atas. Dengan cara ini, dapat menimbulkan kepuasan diri karena merasakan sensasi meluncur dari atas ketinggian.

Tips Cara Mencoba Ziplining

Ketika akan melakukan destinasi zipling ini Anda perlu untuk memahami beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk kesehatan Anda. Berikut ini ada beberapa tips yang harus dilakukan saat mencoba ziplining:

1. Mengenakan perlengkapan safety

Hal yang paling penting ketika ingin mencoba ziplining ini adalah menggunakan peralatan safety. Tujuannya agar lebih aman. Tali tali yang dikencangkan untuk menopang tubuh saat meluncur di lintasan tali panjang, selain itu juga untuk melindungi kepala menggunakan helm.

2. Menggunakan pakaian tepat

Pada dasarnya aktivitas ziplining itu dapat dicoba di semua musim. Akan tetapi sebelum memulai gunakan pakaian yang cocok untuk kondisi cuaca. Salah satunya untuk melindungi bagian kaki menggunakan celana panjang.

3. Pastikan jika berat badan tidak melebihi batas maksimal

Untuk keamanan aturan pada destinasi ziplining ini pada berat badan. Untuk berat badan yang ditentukan tidak boleh lebih dari 125 kilogram. Jadi, bagi orang yang memiliki berat badan lebih dari yang ditentukan tidak diperbolehkan.

Karena hal ini untuk mengantisipasi terjadinya risiko yang tidak diinginkan. Ziplining juga hanya diperbolehkan untuk usia mulai dari 10 tahun hingga 70 tahun.

Tempat Menarik untuk Ziplining

Sebelumnya sudah sedikit kita mengulas bahwa destinasi ziplining di beberapa daerah maupun negara mempunyainya. Nah, salah satu ziplining yang paling seru dan wajib untuk mencobanya di St, Cloud, Florida.

Ketika sedang meluncur dari atas ketinggian akan melihat hamparan pegunungan yang hijau di sebelah kanan atau kiri. Tidak hanya di Cloud masih banyak lagi destinasi yang menarik misalnya di daerah Hemlock Overclock, Kosta Rika dan lain lain.

Lokasi lainnya dengan panjang Ziplining sekitar 1446 meter tepatnya Taman Petualangan Alam di Puerto Rico. Di Afrika Selatan juga memiliki destinasi ziplining yang paling populer yaitu Sun City. Ziplining yang tidak pernah sepi peminatnya di China yakni Simatai.

Salah satu zipling tertinggi dan terpanjang di Asia ada di Korea seperti di Namiseom Zip Wire yang memiliki ketinggian 80 meter tingginya setara dengan gedung apartemen 25 lantai yang membentang 1 kilometer di atas Pulau Namiseom dan Sungai Bukhangang.

Pemandangan yang menunjukkan keindahan paling populer adalah saat matahari terbenam dan pegunungan yang luar biasa pada setiap musim. Akan tetapi Ziplining ini beroperasi untuk satu arah saja untuk kembali dari Pulau Namiseom naik feri.

Nah, bagi Anda yang ingin liburan tetapi tidak ingin jauh jauh ke luar negeri, di Indonesia kini juga menawarkan destinasi ziplining di tengah alam bebas tempatnya berada di Bali. Anda dapat menikmati sepuasnya di tengah hutan Bedugul yang indah dan sejuk menghijau.

Bedugul terkenal dengan hutan yang alami yang sejuk dan panorama danau yang tepatnya di sebelah Utara Ubud. Biasanya Danau Beratan lebih terkenal dengan istilah Pura Ulun Danu.

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai olahraga zipling dan beberapa tempat yang menarik dengan keindahan ketinggian saat meluncur. Bagi orang orang yang suka dengan olahraga menantang dapat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post Terbaru

Anda Punya Pertanyaan?

Kirimkan pertanyaan anda lewat kontak di bawah ini.

Categories