Apa Saja Yang Harus Dipersiapkan Ketika Akan Surfing?

Umum

Tahukah Anda bahwa olahraga surfing merupakan salah satu olahraga yang cukup ekstrim untuk dilakukan karena sangat memacu adrenalin. Dalam surfing ini Anda harus bisa melewati gulungan ombak pantai yang besar dengan menggunakan papan selancar.

Karena olahraga berbahaya dan bisa menimbulkan resiko, maka dibutuhkan beberapa persiapan agar berjalan dengan baik. Tidak hanya tempatnya saja yang perlu dipersiapkan, namun dibutuhkan juga peralatan khusus untuk menjaga keselamatan diri Anda, terutama lagi pemula yang belum memahami betul resikonya.

Lalu, apa saja persiapkan yang dibutuhkan sebelum melakukan olahraga surfing? Yuk kita simak pada pembahasan singkatnya berikut ini.

1. Bisa Berenang

Hal utama yang perlu Anda kuasai sebelum melakukan olahraga surfing adalah bisa berenang. Jangan sampai Anda tidak bisa berenang, namun mencoba olahraga ekstrim ini, teknik berenang sangat dibutuhkan dalam surfing.

Karena ketika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti jatuh dari papan, bisa berenang dan tidak tenggelam atau terbawa ombak ke tengah laut. Jadi, pastikan harus sudah menguasai teknik dasar renang.

2. Melakukan Pemanasan

Sebelum melakukan surfing harus pemanasan terlebih dahulu, agar otot pada tubuh menjadi lebih lemas. Sehingga dapat terhindar dari kram pada tangan ataupun kaki, jika mengalami kram saat sedang berselancar di laut dapat membahayakan diri karena tubuh akan sulit melakukan pergerakan.

3. Dapat Mendayung di Atas Papan

Apabila sudah menguasai teknik renang, selanjutnya Anda harus belajar untuk mendayung dengan papan selancar. Biasanya para pemula perlu melakukan latihan mendayung terlebih dahulu di tepi pantai yang ombaknya belum terlalu besar.

Lakukan latihan dasar seperti tengkurap di atas papan, pilih posisi tubuh yang nyaman dan kedua tangan bergerak mendayung air. Jangan terburu-buru lakukan secara perlahan agar arah papan stabil.

4. Teknik Duck Diving

Jika bisa menguasai teknik mendayung, setelah itu latihan untuk duck diving, yaitu salah satu teknik agar Anda bisa melewati gulungan ombak. Tujuan dari dilakukannya duck diving agar bisa menghindari hantaman ketika ombak datang.

Salah satu cara agar berhasil melakukannya harus bisa menguasai gerakan dan harus tetap tenang dan jangan panik saat ombak datang, posisikan tubuh senyaman mungkin.

5. Berlatih Berdiri di Atas Papan

Selanjutnya dengan berdiri di atas papan, mungkin Anda beranggapan bahwa hal ini dapat dilakukan dengan mudah. Namun perkiraan itu salah, karena dibutuhkan keseimbangan yang tinggi karena harus mengikuti hentakan ombak yang entah kemana arahnya.

Pandangan harus tetap fokus ke depan, lakukan perpindahan tangan pada posisi mendayung. Pastikan juga jari-jari tangan menempel satu sama lain agar bisa melakukan dorongan mendayung.

6. Mampu Mengendalikan Ombak

Jika sudah berhasil untuk berdiri di atas papan, level yang selanjutnya harus mampu mengendalikan ombak agar tidak mudah terjatuh. Dengan begitu Anda tetap bisa berdiri di atas papan dan bisa melewati gulungan ombak yang siap menghantam.

7. Memakai Sunblock

Tidak hanya harus memahami tekniknya, Anda juga perlu menggunakan sunblock saat surfing. Hal ini karena pantai memiliki cuaca panas, walaupun sejuk sinar mataharinya akan sangat membakar kulit, dan kulit yang terbakar dapat menyebabkan terkena kanker kulit.

8. Siapkan Pakaian Khusus Surfing

Olahraga surfing memiliki pakaian khusu untuk dipakai saat melakukan selancar, baju tersebut dibuat khusus agar fleksibel dan nyaman digunakan. Selain itu, baju ini dibuat dengan bahan yang tidak menyerap air agar tidak berat saat terkena air dan tidak membuat tubuh dingin jika berselancar dengan waktu yang lama.

Nah, itulah penjelasan yang dapat kami berikan mengenai apa saja yang harus dipersiapkan ketika akan surfing dan pastikan persiapan tersebut sudah matang untuk mengurangi resiko bahaya yang mungkin terjadi nantinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post Terbaru

Didukung Oleh:

Anda Punya Pertanyaan?

Kirimkan pertanyaan anda lewat kontak di bawah ini.