Fakta Menarik Tentang Asian Games yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Umum

Dalam 4 tahun sekali negara Asia menyelenggarakan pesta olahraga yang disebut dengan Asian Games, sudah dimulai sejak 1962. Terdapat 40 cabang olahraga kurang lebihnya yang dilombakan dan bertujuan untuk menjalin hubungan antara negara Asia yang lainnya.

Tempat diadakan Asian Games bergiliran untuk setiap negara, bahkan negara kita Indonesia pernah menjadi tuan rumah pada 18 Agustus 2018 di Jakarta dan Palembang. 46 negara di Asia mengikuti ajang lomba tersebut.

Di balik hal tersebut, Asian Games juga memiliki beberapa fakta menarik yang mungkin belum diketahui banyak orang. Apa saja faktanya? Simaklah ulasannya mengenai hal tersebut, berikut ini.

1. Asian Games Levelnya Lebih Tinggi dari SEA Games

Hal ini dikarenakan Asian Games menjadi turnamen yang ada di tingkat Asia, bahkan 40 negara lebih mengikuti ajang lomba olahraga ini. Sedangkan untuk SEA Games memang sama yaitu ajang turnamen olahraga namun hanya negara Asia Tenggara dan diikuti 11 negara saja.

2. Ada 9 Negara yang Pernah Menjadi Tuan Rumah

Sudah dikatakan di awal bahwa Asian Games sudah dilaksanakan sejak dulu tahun 1962 hingga sekarang ini. Namun hingga saat ini jika dihitung yang menjadi tuan rumah pada Asian Games baru ada 9 negara.

Negara yang pernah menjadi tuan rumah yaitu Indonesia (2 kali), India (2 kali), Filipina (1 kali), Jepang (2 kali), Thailand (4 kali), Iran (1 kali), Korea Selatan (3 kali), Qatar (1), dan China ( ke-3 kali dengan 2023 nanti). Itulah daftar negara yang pernah menjadi tuan rumah meskipun ada 45 negara lain yang mengikuti perlombaannya.

3. Dicoretnya Negara Israel dari Asian Games

Sebelumnya Israel memang pernah berpartisipasi mengikuti Asian Games dari tahun 1954 sampai 1974 sebanyak 4 kali. Namun tidak ikut ketika tahun 1962 di Indonesia, ditolak oleh negara kita karena dulu Indonesia mendukung kemerdekaan untuk negara Palestina.

Hingga akhirnya Anggota Federasi Asian Games melakukan voting pada Juli 1976 yang diikuti 25 negara apakah negara Israel dapat ikut berpartisipasi untuk perlombaan berikutnya. Tetapi hasil voting memutuskan bahwa Israel dikeluarkan untuk selama-lamanya karena banyak negara lain yang menentang dan saat ini Israel telah bergabung dengan EOC atau Europa Games.

4. 10 Cabang Olahraga Baru

Ketika Asian Games diadakan di Indonesia tahun 2018 tepatnya ada di Palembang dan Jakarta. Saat itu, ada 40 cabang olahraga yang diselenggarakan di antaranya ada 10 cabang olahraga baru yang dipertandingkan seperti basket 3×3, panjat tebing, pencak silat, jet ski, bridge, sambo, paralayang, jiu jitsu, rollerspor dan kurasht.

5. Atlet Asian Games Tertua dan Termuda

Memang dalam perlombaan Asian Games tidak memandang usia. Hal terbukti dari adanya atlet yang sudah berusia 85 tahun bernama Kong Te Yang yang berasal dari negara Filipina yang masuk dalam olahraga bridge, Indonesia juga memiliki atlet yang sudah sepuh bernama Bambang Hartono berusia 78 tahun.

Sedangkan untuk atlet termuda di duduki oleh Aliqqa Novvrey yang berusia 9 tahun, dan menjadi atlet skateboard. Bisa dibilang atlet dalam perlombaan skateboard masih muda seperti Sanggoe Dharma Tanjung berusia 16 tahun, Jason Dennis Lijnzaad 14 tahun, dan Bunga Nyimas Cinta 12 tahun. 

6. Jumlah Atlet Asian Games

Pada Asian Games 2022 kemarin, ada banyak atlet dari berbagai negara yang ikut berpartisipasi dalam berbagai perlombaan olahraga. Hal ini dikatakan oleh Senny Marbun bahwa ada 321 atlet dari Indonesia, 312 atlet dari Thailand.

Selanjutnya 144 atlet dari Filipina, 126 atlet dari Vietnam, 113 atlet dari Kamboja, 89 atlet dari Malaysia, 69 atlet dari Myanmar, 44 atlet dari Singapura, 37 atlet dari Laos, dan untuk negara Timor Leste, dan Brunei Darussalam ada 15 atlet yang dikirimkan mengikuti lomba. 

7. Negara yang Meraih Medali Terbanyak dalam Asian Games

Negara China masih menjadi urutan pertama yang meraih medali terbanyak pada Asian Games, negara yang dijuluki Tirai Bambu ini pernah mendapatkan gelar juara umum sebanyak 9 kali. Bahkan ada 2.898 medali yang sudah diraih yaitu medali emas 1.342, medali perak 901 dan medali perunggu 655. 

Nah, itulah beberapa fakta menarik tentang Asian Games yang mungkin belum Anda ketahui. Semoga penjelasan yang kami berikan dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda mengenai Asian Games.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post Terbaru

Didukung Oleh:

Anda Punya Pertanyaan?

Kirimkan pertanyaan anda lewat kontak di bawah ini.