Otot lengan yang besar dan kuat merupakan salah satu impian para kaum Adam benar bukan? Dengan besarnya otot lengan membuat kita terlihat keren, gagah, dan kuat. Untuk mencapai keinginannya tersebut kita perlu melakukan berbagai macam cara untuk membesarkan otot lengan. Langsung saja ini dia beberapa gerakan untuk membesarkan otot lengan berikut :

1. Push-Up

Gerakan yang dilakukan pertama kali adalah push-up. Cara melakukannya yaitu dengan menempatkan kedua tangan ke lantai dengan posisi kaki sejajar dengan kedua tangan. Selanjutnya lengan ditekuk sampai dada hampir menyentuh lantai secara perlahan, pastikan posisi siku tetap disamping tubuh untuk melindungi bahu.

2. Close-Grip Push Up

Pertama-tama ambil sikap push-up dengan kedua tangan berada di dalam bahu. Posisi kepala dihadapkan ke lantai lalu tahan perut kamu. Mulai turunkan tubuh kamu dengan menekuk siku lalu sejajarkan lengan dengan lantai saat sudah berhenti, lalu kembali ke posisi awal.

3. Bear Crawls

Untuk gerakan ini ambil posisi push-up lalu kedua telapak tangan dan ujung kaki menyentuh lantai sebagai awalan. Pastikan agar punggung kamu tetap lurus, kemudian mulai gerakan tubuh ke depan dengan memindahkan tangan kanan dan kaki kiri kamu ke depan secara bersamaan. Sehingga kaki kiri menyentuh tangan kiri kamu begitu juga dengan kaki dan tangan lainnya. Lakukan secara perlahan gerakan ini sampai terasa otot tangan dan kaki mengencang.

4. Tricep Dips

Untuk melakukannya diperlukan kursi, caranya dengan meletakkan kedua telapak tangan di kedua sisi pinggang dan luruskan kaki ke depan. Posisi tubuh seperti sedang duduk, tetapi jangan tempelkan pantat Anda di kursi. Tekuk siku sampai pada posisi 90 derajat secara perlahan sambil menurunkan tubuh ke arah lantai. Kemudian dorong kembali tubuh ke atas dengan lengan agar tubuh kembali terangkat ke posisi awal. Anda bisa gunakan bantuan kaki yang ditekuk untuk menopang berat badan jika belum kuat melakukan latihan ini.

5. Chin Up

Anda bergelantungan di tempat tinggi seperti kusen pintu dengan menggunakan tangan, dalam posisi bergelantungan, angkat tubuh ke atas dan turunkan kembali. Untuk bergelantungan sendiri ada dua cara yaitu yang pertama dengan meletakkan telapak tangan menghadap ke wajah kamu. Sedangkan gerakan yang keduanya dengan menempatkan telapak tangan ke arah sebaliknya, lakukanlah secara rutin dengan meningkatkan jumlah setnya setiap minggu.

6. Arm Circle

Merupakan gerakan yang cukup efektif untuk membesarkan otot lengan karena gerakannya melatih lengan dengan gerakan memutar seperti huruf O. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal dari gerakan ini.

7. Triceps Down Dog

Ambil posisi push-up dengan kedua telapak tangan serta jari-jari kaki menyentuh lantai, kedua siku ditekuk untuk menopang tubuh posisi lurus. Setelah itu naikkan pinggul dengan menjaga posisi kedua tungkai dan lengan lurus. Usahakan telapak kaki menyentuh lantai dan tahan beberapa detik. Setelah itu, kembalikan posisi tubuh seperti saat melakukan gerakan plank. Ulangi gerakan tersebut 10 kali.

8. Curls

Arahkan telapak tangan ke dalam sehingga menghadap satu sama lain saat posisi dumbbell kedua sisi badan dengan tangan lurus kebawah. Lalu dumbbell diangkat ke arah bahu dengan tidak menggerakkan siku sehingga siku tetap berada di sisi badan. Segera posisikan telapak tangan ke arah bahu saat dumbbell sudah hampir mencapai bahu.

9. Dumbbell Push Up

Ini tergolong efektif sebagai cara membesarkan otot lengan yang kurus secara alami karena memadukan antara latihan dengan Dumbbell dan juga push up. Cukup awalan posisi push up, kemudian, pegang Dumbbell sebagai tumpuan kedua tangan. Lalu, lakukan dengan gerakan push up, mungkin terlihat mudah namun latihan ini cukup melelahkan. Agar otot kamu tidak kaget disarankan untuk melakukan latihan secara bertahap.

10. Bertumpu pada dinding

Cara sangat mudah yakni dengan meluruskan kedua telapak tangan lalu letakkan ke dinding dengan posisi badan tegak lurus. Setelah itu tekuk kedua siku lalu condongkan badan mendekati dinding tetapi badan jangan sampai menempel pada dinding. Coba untuk menjinjitkan kaki untuk menjaga keseimbangan. Tahan dalam waktu beberapa menit kemudian luruskan kembali siku seperti posisi awal. Ulangi langkah tersebut sebanyak 20 kali. Sebenarnya ini hampir sama seperti push up hanya saja tumpuannya pada dinding. Lakukan gerakan ini secara rutin dan teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Itu dia beberapa gerakan yang bisa kamu coba di rumah untuk membesar otot lengan yang kurus.