Ini Dia 10 Olahraga yang Paling Populer di Dunia

Umum

Olahraga merupakan salah satu hal penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita, mungkin selain rutinitas yang perlu dilakukan, olahraga juga bisa dijadikan hobi. Walaupun Anda orang yang sibuk, tetaplah untuk berolahraga di sela kesibukan secara rutin.

Lakukan lah olahraga minimal 3 kali dalam satu minggu agar tubuh tetap bugar dan sehat. Bahkan ada banyak manfaat yang diberikan jika Anda rajin berolahraga, tidak hanya membuat sehat saja namun agar tubuh terhindar dari penyakit, karena jasmani yang kuat.

Selain itu olahraga juga memiliki berbagai jenis, misalnya joging, sepak bola, volly, dan masih banyak lagi. Nah, kira-kira apa saja 10 olahraga yang paling populer di dunia? Yuk kita simak bersama di ulasannya berikut ini.

  1. Olahraga Sepak Bola

Olahraga yang pertama paling banyak digemari hampir oleh 4 miliar orang, di duduki sepak bola. Semua orang dari berbagai dunia menyukai olahraga ini, sepak bola awal mulanya berasal dari tiongkok di abad kedua sebelum masehi hingga sekarang ini sudah mendunia.

Permainan sepak bola dilakukan dengan tim atau kelompok, apabila tim Anda bisa memasukan bola ke dalam gawang lawang berarti Anda goll atau mendapatkan point. Begitupun sebaliknya apabila gawang Anda kemasukan bola oleh lawan.

Dalam bermain bola juga ada peraturan yang harus diikuti oleh pemain seperti tidak boleh bermain kasar, bola menyentuh tangan dan lainnya. Pemain sepak bola berisi 11 orang termasuk dengan penjaga gawang, permainan dilakukan 2 babak dengan waktu 45-90 menit.

  1. Olahraga Kriket

Di negara kita mungkin belum familiar mengenai olahraga kriket, namun di negara lain ada 2,5 miliar orang yang menggemarinya. Negara yang biasanya melakukan olahraga ini seperti Pakistan, India, Australia, dan Inggris.

Cara permainan ini cukup mudah adanya dua tim, alat pemukul, lapangan luas, dan lari skor. Di lapangan yang luas persegi panjang, nantinya pemain di tengah lapangan akan melemparkan bola ke arah pemukul dan ada gundukan di tengah ke arah pemukul pada home plate.

  1. Olahraga Hoki

Selanjutnya ada olahraga hoki yang dimainkan hampir 2 milyar orang, bisa dimainkan di lapangan maupun di atas es. Negara yang melakukan olahraga ini seperti Asia, Eropa, Australia, Afrika sedangkan untuk hoki di atas es berada di negara Eropa Utara, As, Kanada.

Permainan dilakukan dengan dua tim yang harus bisa memasukkannya ke dalam gawang lawan menggunakan tongkat. Berbeda halnya dengan hoki es, hoki di lapangan tidak melakukan kontak tubuh dalam pemeriksaanya.

  1. Olahraga Tenis

Mungkin kah Anda mengenal altet seperti Rafael Novak djokovic, Serena WIlliams, dan Roger Federer yang merupakan pemain tenis. Hal ini menjadi bukti bahwa olahraga tenis banyak penggemarnya hampir 1 miliar orang.

Dalam permainan tenis, akan ada jaring yang berada di tengah untuk membagi tempat kedua lawan. Mereka akan memukul bola dengan raket untuk melalui jaring dan sampai lawan kewalahan yang berguna untuk mencetak poin.

  1. Olahraga Volly

Permainan bola volly sudah populer di Indonesia, bahkan daerah terpencil sudah memainkannya. Dibutuhkan dua tim dalam permainannya, dengan cara melemparkan bola ke arah lawan dengan tangan untuk memperoleh poin.

Sudah 900 juta orang yang memainkannya, sebagian negaranya Eropa Barat, Asia, Amerika Selatan, Amerika Utara, dan Australia. Ada juga permainan volly pantai yang bermain di atas pasir pantai.

  1. Olahraga Tenis Meja

Hampir 875 juta orang di dunia memainkan olahraga tenis meja, bahkan negara kita juga sudah cukup familiar dengan permainan ini. Memang bisa dibilang mirip dengan tenis perbedaanya.

 Tenis meja menggunakan meja dengan beberapa jumlah untuk mendapatkan bola dan dapat melewati lawan. Permainan ini berasal dari negara Inggris di abad ke-20 dan cukup populer di berbagai sudut dunia.

  1. Olahraga Bola Basket

Siapa sih yang tidak tahu dengan olahraga satu ini, permainan bola basket sudah sangat populer sejak jaman dulu yang diciptakan James Naismith. Dalam perkiraannya orang yang gemar memainkan sepak bola ada 825 juta orang.

Hampir sama dengan sepak bola, tapi untuk bola basket cara bermainnya menggunakan tangan dan harus memasukan bola ke keranjang lawan untuk memperoleh poin.

  1. Olahraga Baseball

Olahraga bisbol atau baseball memerlukan dua tim yang harus memukul bola pada dua garis berwarna putih, setelah memainkannya pemain harus berlari ke rangkaian pangkalan untuk mendapatkan poin.

Bisbol sudah banyak di mainkan di negara Amerika Latin, Amerika Serikat dan Asia Timur, penggemar olahraga baseball sudah 500 juta orang. 

  1. Olahraga Rugby

Olahraga rugby ini berasal dari Inggris dan populer juga di Selandia Baru, Australia., ada 475 juta penggemar yang melakukan permainan rugby ini. Ada dua tim dalam permainannya untuk menendang, mengoper, membawa bola agar dapat melewati garis terakhir atau gol untuk memperoleh poin.

  1. Olahraga Golf

Golf merupakan olahraga dari Skotlandia yang mulai muncul pada abad ke-15. Namun kata golf sendiri berasal dari negara Belanda yang diambil dari kata “kolf atau kolve” yang artinya sendiri adalah klub.

450 juta orang menggemari permainan ini, yang banyak di mainkan di negara Amerika Utara, Asia Timur, dan Eropa Barat.

Nah, itulah penjelasan dari kami mengenai 10 olahraga yang paling populer di dunia. Semoga penjelasan dari kami dapat menjawab rasa penasaran Anda dan dapat menambah ilmu terkait dunia olahraga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post Terbaru

Didukung Oleh:

Anda Punya Pertanyaan?

Kirimkan pertanyaan anda lewat kontak di bawah ini.