Ini Dia Olahraga Terbang Seperti Burung atau Wingsuit Flying

Umum

Seperti yang Anda tahu bahwa olahraga memang memiliki tujuan untuk menyehatkan jasmani dan rohani. Namun perlu diketahui bahwa ada juga olahraga yang ekstrim memacu adrenalin yaitu olahraga wingsuit flying atau yang dikenal dengan terbang seperti burung.

Olahraga ini dilakukan dari atas bukit dengan cara orang tersebut memakai baju khusus agar tetap melayang di udara ketika terjun dari bukit. Walaupun olahraga ini berbahaya, ada banyak orang yang menggemari olahraga ekstrim ini.

Sebelum melakukan olahraga ini, Anda harus pastikan tidak memiliki phobia terhadap ketinggian. Hal ini karena akan dilakukan dari ketinggian mencapai beribu kaki, dan kemudian harus terjun dari atas bukit tersebut.

Bagaimana masih belum paham mengenai olahraga wingsuit flying? Jika belum, yuk simak penjelasan singkat mengenai olahraga terbang seperti burung atau wingsuit flying, berikut.

Pengertian Wingsuit Flying

Wingsuit Flying merupakan olahraga yang terbilang berbahaya karena dilakukan dari ketinggian dan harus terbang dari ketinggian tersebut dalam beberapa waktu dengan menggunakan baju khusus. Olahraga ini sudah diperkenalkan pertama kali pada 1930 an.

Oleh seorang remaja yang berumur 19 tahun dari Los Angeles, Amerika Serikat yang melakukan olahraga ini. Namun seiring berkemabangnya jaman mulai muncul wingsuit dengan versi modern yang tentunya lebih aman pada tahun 1990 an.

Melakukan olahraga wingsuit juga memerlukan beberapa ketentuan karena tidak boleh dilakukan sembarang dan harus memiliki pengalaman dalam bidang tersebut. Minimal orang tersebut sudah melakukan penerjunan 200 kali.

Ketentuan Melakukan Olahraga Wingsuit Flying

1. Wingsuit Flying Memerlukan Skil Khusus

Memang hampir mirip seperti terjun payung, namun untuk konsepnya berbeda. Jika ingin melakukan olahraga ini, diperlukan nyali yang besar karena dituntut agar tidak takut pada ketinggian yang bisa mencapai seribu kaki.

Selain itu, atlet atau penerjun harus bisa memahami besarnya hembusan angin dan mengetahui medan di sekitarnya apakah bahaya atau tidak. Sebelumnya Anda harus sudah memiliki kemampuan khusus dengan melakukan pelatihan terlebih dahulu.

Hal ini, dilakukan untuk menjaga keselamatan diri Anda agar tidak dalam ancaman bahaya. Dan harus dalam pengawasan dari ahlinya agar bisa memberikan instruksi yang benar, sehingga penerbangan dapat berjalan lancar.

2. Memerlukan Pakaian Khusus 

Selanjutnya setelah melakukan pelatihan untuk menguasai skil penerbangan, Anda juga membutuhkan dana lebih untuk membeli baju khusus untuk melakukan wingsuit. Harga bajunya sendiri terbilang cukup mahal bisa mencapai 18 juta rupiah hanya untuk bajunya saja.

Selain membeli baju, juga perlu membeli peralatan yang akan dibutuhkan untuk wingsuit seperti parasut, kacamata, dan kamera. Jika dihitung untuk biaya keseluruhannya membutuhkan sekitar 50 juta lebih kurang lebihnya.

Bajunya sendiri memiliki bentuk unik, karena pada bagian lengan dan kakinya berbentuk sayap. Sayap tersebut akan mengembang ketika sudah mulai terbang di udara, bahkan bukan hanya membuat terbang, dan bertujuan untuk mengendalikan arah terbang atlet.

Jika sayap semakin melebar maka kecepatan saat terbang akan semakin cepat, dan sebaliknya juga jika sayap tidak hanya melebar sedikit maka terbang akan semakin lambat, sehingga pendaratan jatuh ke bawah menjadi lebih cepat. Apabila sudah ingin turun saat masih di udara, bisa membuka parasutnya.

Sebelum memulai olahraga ekstrim ini pastikan tekanan udara yang ada di sekitar masih dalam kondisi yang sudah ditentukan. Karena angin yang berhembus terlalu kencang justru akan menghambat proses penerbangan.

Olahraga yang Mirip Dengan Wingsuit Flying

Selain olahraga wingsuit flying ada juga olahraga lainnya yang hampir mirip dan sama-sama memacu adrenalin, inilah beberapa olahraga nya : 

1. Olahraga Skydiving

Melakukan olahraga ini dengan melompat dari pesawat, sebelum melompat penerjuan sudah menggunakan parasut untuk dijadikan payung ketika sudah terjun ke bawah. Biasanya sebelum parasut dibuka, mereka akan melakukan beberapa atraksi.

2. Base Jumping

Hampir sama dengan skydiving, namun olahraga ini tidak dilakukan melalui pesawat melainkan melompat dari tempat yang tinggi. Namun sebelum mencapai daratan saat masih di udara parasut harus sudah dibuka, bahkan memerlukan perhitungan khusus hanya untuk membuka parasut.

Nah, itulah penjelasan mengenai olahraga yang terbang seperti burung atau wingsuit flying. Jika ingin mencoba olahraga ekstrim ini, perhatikan lah ketentuan dan syarat agar wingsuit dapat berjalan dengan lancar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post Terbaru

Didukung Oleh:

Anda Punya Pertanyaan?

Kirimkan pertanyaan anda lewat kontak di bawah ini.