Manfaat Kardio dalam Menjaga Kesehatan Tubuh

Umum

Selama dua tahun kita sudah terbiasa dengan penyempitan mobilitas akibat adanya pandemi. Aktivitas fisik dan komunikasi sosial kita lakukan di rumah dengan segala media online. Setelah melewati masa tersebut, kini kita harus menyesuaikan aktivitas kembali seperti sebelumnya dengan melakukan segala aktivitas secara tatap muka. Perubahan aktivitas saat ini membuat kita memakan banyak waktu.

Dengan adanya peningkatan aktivitas, tentunya memerlukan stamina dan daya tahan yang cukup. Banyak yang tidak peduli dengan olahraga karena alasan waktu. Sekarang tidak ada alasan lagi tidak memiliki waktu untuk olahraga ataupun ke tempat fitnes, karena kini banyak aktivitas olahraga yang tidak memerlukan banyak alat dan waktu, namun dapat memberikan banyak manfaat, Olahraga apakah itu?

Olahraga Kardio

Apakah sudah pernah mendengar apa itu olahraga kardio? Olahraga kardio atau biasa kita sebut dengan olahraga aerobik adalah aktivitas dimana kita melakukan kegiatan olah tubuh yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan jantung dan paru. Terkadang kita sering salah pengertian yang mana menganggap bahwa kardio sama saja dengan workout, padahal sejatinya mereka memiliki tujuan yang berbeda. Untuk workout adalah kegiatan yang berfokus untuk meningkatkan fungsi otot, sendi, dan tulang. Dan untuk kardio sendiri adalah kegiatan yang berfokus untuk meningkatkan stamina pada sistem pernapasan dan sistem peredaran darah.

Olahraga kardio memiliki banyak jenis, berikut adalah olahraga kardio yang dapat dilakukan di rumah :

1. Lompat Tali

Jenis olahraga ini sudah tidak asing, karena biasa kita lakukan sebagai permainan selagi kanak kanak. Walau terkesan simple, olahraga lompat tali justru sangat efektif membakar kalori, karena dapat membakar 100 kalori hanya dalam 10 menit.

Gunakan tali atau benda panjang dengan masa yang cukup, lalu ayunkan bersamaan dengan melompati tali. Lakukan perlahan dan tingkatkan ritme sehingga menemukan ritme lompatan yang stabil. Perlu diingat untuk mengayunkan tali tidak menggunakan tangan, namun hanya dengan pergelangan saja, dengan begitu stamina akan terlatih dan tetap terjaga selama olahraga berlangsung.

2.Mountain Climber 

Cara melakukan olahraga yang satu ini juga cukup mudah, mula mula posisikan posisi tubuh anda dalam keadaan push up terangkat, setelah itu lakukan pergerakan dengan menekuk lutut ke dalam seperti halnya berlari menaiki tangga. Lakukan gerakan ini dengan set waktu secara perlahan terlebih dahulu, kemudian tingkatkan ritme dengan memasang target capaian.

3.Jogging di Tempat

Sama halnya dengan jalan di tempat, hanya saja jogging di tempat dilakukan dengan sedikit mengayunkan badan seperti saat berlari, atur napas dan juga ketahanan, agar pergerakan tetap terjaga stabil.

4.Tuck Jump 

Kardio satu ini cukup mudah untuk dilakukan, posisikan diri dengan sedikit membungkuk, lalu lakukan loncat dengan menekuk lutut setinggi dada. Lakukan gerakan ini secara ritme perlahan terlebih dahulu, kemudian tingkatkan ritme hingga stabil.

Masih banyak lagi olahraga kardio dengan tingkatan level dan juga tambahan peralatan khusus. Yang terpenting adalah melakukan pemanasan dan juga mengetahui batas kekuatan diri sendiri. Sehingga manfaat olahraga kardio lebih maksimal.

Berikut adalah manfaat dari melakukan olahraga kardio :

1.Meningkatkan Kesehatan Jantung

Dengan melakukan kardio secara ruting (30-60 menit per hari), tubuh akan terlatih dan akan membentuk otot yang kuat, apabila memiliki otot jantung yang kuat, maka akan memperkecil kemungkinan dari resiko penyakit jantung dan akan memperlancar peredaran darah.

2.Menjaga Kesehatan Otak

Penelitian menunjukan bahwa dengan melakukan kardio secara rutin, maka akan melatih otak di bagian tertentu. Hal ini sangat bermanfaat bagi daya ingat otak, dan memperkecil kemungkinan penyusutan otak di usia yang akan mendatang

3.Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Semua jenis olahraga kardio, pasti akan meningkatkan metabolisme tubuh, karena dengan kardio akan banyak kalori tubuh yang terbakar saat berolahraga.

4.Menjaga Berat Badan yang Ideal

Dengan kardio, maka akan membakar kalori berlebih pada tubuh yang akan membuat tubuhmu tetap ideal.

5.Menjaga Suasana Hati dan Meningkatkan Energi

Setelah melakukan banyak aktivitas luar, pasti rasanya ingin langsung beristirahat penuh. Luangkan waktu setidaknya 30 menit untuk melakukan kardio/olahraga ringan dirumah. Karena dengan berolahraga akan membuat diri menjadi lebih fokus dan membuat tubuh rileks. Serta meningkatkan daya tahan tubuh karena bertambahnya kekebalan stamina.

Tidak hanya dengan olahraga kardio. hidup sehat harus diikuti dengan pola hidup yang sehat juga. Dengan makan dan tidur yang teratur maka tubuh akan semakin kuat walaupun usia semakin bertambah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Post Terbaru

Anda Punya Pertanyaan?

Kirimkan pertanyaan anda lewat kontak di bawah ini.

Categories