Olahraga Panjat Tebing : Pengertian, Manfaat, dan Fungsinya

Umum

Olahraga yang satu ini sangat baik bagi kesehatan tubuh. Olahraga jenis ini membutuhkan latihan yang cukup keras dan juga giat. Hal ini dikarenakan medan olahraga panjat tebing ini mempunyai adrenaline yang cukup berbahaya dan lebih menantang. Pastikan jika Anda melakukan olahraga ini, pastikan Anda tetap berhati-hati. Akan tetapi, olahraga panjat tebing ini sangat baik bagi kesehatan, terutama untuk kesehatan sendi dan juga otot.

Olahraga ini bisa dilakukan di alam dengan tebing-tebing yang sangat tinggi dan curam. Selain itu, Olahraga yang satu ini juga bisa dilakukan di tempat umum atau tempat latihan yang mempunyai fasilitas dinding tebing buatan.

Kira-kira manfaat olahraga panjat tebing ini apa aja ya? Yuk, simak ulasan lengkapnya dibawah ini!

Pengertian Olahraga Panjat Tebing

Panjat tebing merupakan salah satu olahraga ekstrim yang dilakukan di alam bebas dan merupakan salah satu bagian dari mendaki gunung. Olahraga panjat tebing tidak bisa dilakukan dengan berjalan kaki, akan tetapi olahraga yang satu ini harus menggunakan peralatan yang cukup memadai dan harus menggunakan beberapa teknik untuk bisa melewati medan tersebut.

Pada umumnya, olahraga yang satu ini dapat dilakukan di daerah yang mempunyai kontur batuan tebing yang terjal dan juga curam. Kemiringan tebing tersebut mencapai lebih dari 45 derajat dengan tingkat adrenaline yang cukup sulit.

Manfaat Olahraga Panjat Tebing

Kira-kira manfaat apa saja yang akan didapatkan jika rutin melakukan olahraga ini? Berikut ini beberapa manfaat olahraga panjat tebing yaitu sebagai berikut :

Dapat membentuk otot dan juga ketahanan tubuh

Manfaat pertama yang akan didapatkan adalah dapat membentuk otot dan juga dapat menjaga ketahanan tubuh seseorang. Banyak tanggapan jika olahraga yang satu ini hanya mengandalkan kekuatan otot bagian atas saja. Akan tetapi, banyak faktor fisik yang mempengaruhi performa pada saat melakukan olahraga ini. Seperti gerakan kaki yang lincah, kekuatan otot besar, sampai kekuatan otot bagian bawah.

Tidak heran jika ahli panjat tebing ini mempunyai bentuk tubuh yang ideal dan juga mempunyai otot dan daya tahan tubuh yang kuat. Jika Anda melakukan olahraga ini selama 1 jam, 700 kalori dalam tubuh Anda akan ikut terbakar.

Meningkatkan fungsi otak

Panjat tebing ini memerlukan konsentrasi yang sangat tinggi. Salah pijakan saja, Anda akan terjatuh ke bawah. Anda harus mempunyai kemampuan untuk menyelesaikan rintangan tersebut, apalagi jika Anda melakukan olahraga ini di alam bebas dan terbuka.

Setiap pijakan tebing ini merupakan faktor yang sangat penting. Karena tidak selamanya ada pijakan batu yang bisa Anda pegang. Disinilah kemampuan ANda dalam mengatur pijakan dan berpikir keras sangat dibutuhkan. Jika hal ini dilakukan secara rutin, fungsi otak juga akan semakin mudah dan meningkatkan dalam menyelesaikan suatu masalah.

Dapat menghilangkan stres

Manfaat selanjutnya dari olahraga ini adalah dapat menghilangkan stres dan depresi. Dengan melakukan olahraga dapat meningkatkan hormon norepinefrin dalam tubuh. Sehingga, hormon ini dapat membantu menyeimbangkan respon otak ketika Anda sedang depresi maupun stres.

Jika dilakukan di alam bebas,otomatis Anda akan berolahraga sambil berjalan-jalan dengan melihat pemandangan alam yang menyejukkan. Penelitian membuktikan bahwa tingkat stres Anda akan berkurang jika Anda sering piknik.

Mengajarkan keterampilan hidup yang berharga

Panjat tebing merupakan olahraga yang sangat bermanfaat. Akan tetapi, tidak hanya fisik saja yang terdampak dari melakukan olahraga yang satu ini. Olahraga ini juga bisa menjadi sudut pandang mental. Hal ini dikarenakan olahraga ini mengajarkan seseorang untuk fokus dengna tujuan, keseimbnagan, dan juga tekad yang bulat dan juga berharga.

Menawarkan variasi workout yang tidak membosankan

Olahraga di alam bebas kini menjadi pilihan yang baik. Hal ini dikarenakan panjat pinang ini dapat menghilangkan rasa bosan. Selain itu, aktivitas yang satu ini juga dapat membantu Anda meraih tingkat kebugaran yang sehat dan tinggi.

Meningkatkan jiwa sosial yang tinggi

Panjat tebing ini juga bisa meningkatkan jiwa sosial yang tinggi. Orang-orang yang melakukan olahraga ini cenderung dapat memberikan semangat pada orang yang baru belajar dan berlatih. Dengan demikian, jiwa sosial pun akan semakin meningkat dan juga semangat olahraga ini akan semakin tinggi juga.

Fungsi Olahraga Panjat Tebing

Jika Anda melakukan olahraga ini secara teratur, panjat tebing ini akan memberikan efek yang sangat luar biasa. Selain itu, aktivitas yang satu ini juga dapat meningkatkan kelenturan otot dan juga kelincahan tubuh. Selain itu, panjat tebing ini juga mempunyai fungsi lain yaitu sebagai berikut :

  • Sebagai tempat untuk membangun rasa percaya diri yang tinggi
  • Dapat menurunkan berat badan
  • Dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung
  • Dapat memperbaiki kualitas tidur yang baik
  • Melatih kelincahan otot
  • Meningkatkan daya tahan tubuh yang kuat
  • Sebagai tempat untuk menghilangkan penat ( refreshing )
  • Meningkatkan koordinasi tubuh
  • Menurunkan tekanan darah tinggi

Teknik Wall Climbing

Berikut ini beberapa teknik yang harus dikuasai dan diketahui bagi para pemula yaitu sebagai berikut :

Teknik Hooking

Teknik panjat tebing yang satu ini merupakan gerakan untuk mengangkat tubuh menggunakan kaki. Hal ini bertujuan untuk mengurangi beban pada area tangan. Gerakan yang satu ini dapat digunakan untuk menempa tumit dengan menggunakan pegangan yang sejajar. Gerakan ini dapat membantu agar tubuh tetap sejajar dengan dinding tembok di area yang menjorok.

Teknik Chimneying

Teknik yang satu ini dapat digunakan untuk memanjat celah tebing vertikal dengan ukuran yang sangat lebar. Caranya sangat mudah sekali, Anda hanya perlu memasukkan tubuh diantara beberapa celah.

Teknik Free Climbing

Teknik ini dapat digunakan dengan menitik beratkan badan dengan pegangan tangan dan merapatkannya ke dinding. Akan tetapi, cara yang satu ini dapat menimbulkan resiko tergelincir dan dapat terjatuh.

Itulah tadi bahasan mengenai pengertian olahraga panjat tebing, manfaat dan juga fungsi olahraga ini. Anda dapat melakukan olahraga ini agar mendapatkan manfaat yang baik bagi kesehatan dan juga pikiran Anda. Selain itu, Anda juga bisa melakukan olahraga ini di alam terbuka maupun tempat latihan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Post Terbaru

Anda Punya Pertanyaan?

Kirimkan pertanyaan anda lewat kontak di bawah ini.

Categories