Olahraga Selancar Pasir : Teknik, Cara Bermain, Aturan

Umum
Teknik, Cara Bermain, Aturan olahraga selancar pasir

Mungkin beberapa dari kita masih ada yang belum mengetahui apa itu olahraga selancar pasir. Yap, sesuai dengan namanya olahraga ini adalah olahraga selancar yang dilakukan di atas pasir. Selancar yang biasanya dilakukan di atas air ternyata bisa dilakukan di atas pasir. 

Sebenarnya olahraga ini sudah menjadi hobi bagi banyak orang di luar negeri. Di luar negeri, namanya yaitu Sandboarding. Walaupun sama-sama merupakan olahraga selancar, namun selancar pasir mempunyai teknik, aturan dan cara bermain yang berbeda loh. Apa saja sih? Mari kita ulas.

Apa itu Olahraga Selancar Pasir?

Olahraga selancar pasir, atau yang juga dikenal dengan nama sandboarding atau sand surfing, merupakan sebuah kegiatan rekreasi atau olahraga yang hampir mirip dengan selancar air. Namun olahraga ini menggunakan papan selancar khusus yang dirancang untuk bisa berselancar di permukaan pasir. Olahraga ini biasanya dilakukan di area gurun atau padang pasir. Selain itu olahraga ini membutuhkan permukaan berbentuk bukit atau padang pasir yang cukup curam dan panjang. 

Papan selancar pasir biasanya terbuat dari bahan yang cukup licin atau dilapisi dengan bahan seperti laminasi atau pelapis yang membantu mengurangi gesekan dengan permukaan pasir, sehingga memungkinkan pemain untuk meluncur dengan lancar. Selain keseruannya, olahraga ini menawarkan pemandangan indah gurun pasir yang menawan. Namun pastinya anda memerlukan proteksi yang extra ketika melakukan olahraga ini. 

Cuaca dan kondisi gurun yang panas membuat kulit anda akan mudah terbakar jika tidak menggunakan sunscreen. Selain itu, pastinya anda membutuhkan perlengkapan lain seperti helm, pelindung lutut dan siku untuk menghindari cedera ketika jatuh dari papan selancar. Jangan salah, walaupun berada di atas pasir, olahraga ini juga mempunyai resiko jika mengalami kecelakaan. Maka dari itu proteksi yang baik akan melindungi anda supaya tidak mendapatkan resiko cedera ketika melakukan olahraga selancar pasir. 

Sejarah Olahraga Selancar Pasir

Olahraga selancar pasir, atau sandboarding, memiliki sejarah panjang yang berasal dari berbagai wilayah gurun di dunia. Meskipun sulit untuk menentukan dengan pasti di mana dan kapan olahraga ini pertama kali dimainkan, beberapa catatan sejarah menunjukkan bahwa selancar pasir telah ada sejak zaman kuno dan terus berkembang seiring waktu. 

Beberapa sejarawan percaya bahwa olahraga selancar pasir dapat ditelusuri kembali ke zaman kuno, terutama di daerah gurun di Mesir kuno dan wilayah-wilayah lain yang memiliki pasir yang luas. Bangsa Mesir dikenal karena bermain selancar pasir dengan menggunakan papan selancar yang terbuat dari bahan seperti papan kayu atau potongan papan datar lainnya.

Setelah itu olahraga ini ditemukan juga di Pemukiman Aborigin Australia, beberapa bukti menyatakan bahwa suku-suku Aborigin di Australia juga bermain selancar pasir sejak ribuan tahun yang lalu. Mereka menggunakan papan selancar yang terbuat dari kulit kayu pohon palem yang runcing di bagian depannya. Selanjutnya olahraga ini menjadi sebuah kegiatan rekreasi di gurun. Orang-orang mulai mempopulerkannya hingga menjadi salah satu olahraga yang mendapatkan banyak peminat di zaman modern sekarang. 

Olahraga selancar pasir terus berkembang hingga saat ini dan menjadi pilihan menarik bagi para penggemar petualangan dan olahraga di alam terbuka. Meskipun masih dianggap sebagai olahraga ekstrem, semakin banyak orang yang tertarik untuk mencoba dan menikmati sensasi meluncur di atas pasir yang lembut dan landai.

Teknik Bermain Olahraga Selancar Pasir

Bermain selancar pasir, atau sandboarding, melibatkan sejumlah teknik dan keterampilan untuk dapat meluncur dengan lancar dan mengontrol papan selancar di atas pasir. Berikut adalah beberapa teknik bermain selancar pasir yang berguna untuk pemula:

Posisi Mulai

Mulailah dengan berdiri tegak di atas papan selancar dengan kedua kaki terbuka selebar bahu.

Tekuk lutut sedikit untuk menjaga keseimbangan dan memastikan stabilitas saat meluncur.

Dorong Awal

Untuk memberikan momentum awal, dorong papan selancar dengan satu kaki Anda untuk mulai bergerak di atas pasir. Pastikan kaki yang tidak Anda dorong tetap stabil di atas papan selancar untuk menjaga keseimbangan.

Posisi Tubuh

Saat bermain selancar pasir, tahan tubuh Anda dalam posisi yang rileks dan seimbang.

Jaga berat badan Anda terdistribusi merata di atas papan selancar agar lebih mudah mengendalikan arah dan kecepatan.

Mengubah Arah

Untuk mengubah arah, geser berat badan Anda ke sisi yang ingin Anda tuju. Jika Anda ingin berbelok ke kiri, geser berat badan Anda ke kiri, dan sebaliknya untuk berbelok ke kanan.

Mengendalikan Kecepatan

Jika ingin mengurangi kecepatan atau berhenti, tekuk kedua lutut dan dorong ujung papan selancar ke dalam pasir untuk meredam laju. Jika ingin meningkatkan kecepatan, tahan posisi tubuh yang lebih datar di atas papan selancar dan fokus pada keseimbangan.

Meluncur Mundur (Fakie)

Jika ingin mencoba meluncur mundur (dengan papan menghadap ke belakang), geser berat badan Anda ke arah belakang papan selancar. Ingat bahwa meluncur mundur bisa lebih sulit dan memerlukan lebih banyak keterampilan.

Teknik Tingkat Lanjutan

Setelah Anda menguasai dasar-dasar, Anda dapat mencoba teknik tingkat lanjutan, seperti melakukan trik-trik di udara atau meluncur dengan kecepatan lebih tinggi. Pelajari teknik ini secara bertahap dan pastikan Anda merasa nyaman dan terampil sebelum mencoba trik-trik yang lebih kompleks.

Cara Bermain Olahraga Selancar Pasir

Layaknya olahraga lainnya, olahraga selancar pasir juga mempunyai cara bermainnya sendiri. Walaupun namanya selancar, cara bermainnya tentu berbeda dengan cara bermain selancar air. Inilah cara bermain olahraga selancar pasir.

Pilih Area yang Sesuai

Seperti namanya, carilah lokasi atau area gurun dengan sudut kemiringan yang curam dan landai. Pastikan area gurun yang dicari merupakan tempat yang aman. Selalu cek keadaan gurun atau bukit berpasir yang akan dijadikan tempat berselancar. Pastikan daerah tersebut aman dari berbagai batu tajam, kerikil atau hal hal yang dapat membuat cedera.

Siapkan Alat Tempur

Alat berselancar di pasir mempunyai alat yang berbeda dengan alat selancar yang digunakan di atas air. Alat yang digunakan dalam olahraga selancar pasir pastinya papan selancar khusus. Papan ini biasanya terbuat dari bahan yang licin agar dapat meluncur dengan baik di atas pasir. Selain itu alat keselamatan juga penting dalam olahraga ini. 

Hal ini akan mengurangi resiko cedera ketika jatuh dari papan selancar. Alat keselamatan itu antara lain seperti helm, pelindung lutut dan pelindung siku. Pastikan selalu memakai alat keselamatan ketika bermain olahraga selancar pasir untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan.

Trik dan Gerakan yang Benar

Ketika bermain selancar pasir, pastikan anda menguasai trik dan gerakan yang benar. Trik dan gerakan tersebut meliputi posisi tubuh yang benar, teknik meluncur, pengendalian kecepatan, dan gerakan gerakan tambahan seperti gerakan memutar dan lain-lain. Setelah mempelajari trik dan gerakan yang benar, selalu aplikasikan gerakan tersebut ketika bermain olahraga selancar pasir. Selain membuat anda terlihat jago, ini juga membuat anda dapat mengurangi kecelakaan yang bisa saja terjadi ketika berselancar pasir. 

Aturan Bermain Olahraga Selancar Pasir

Olahraga selancar pasir atau sandboarding memiliki beberapa aturan bermain yang penting untuk diikuti demi keselamatan dan keamanan para peselancar serta menjaga lingkungan sekitar. Berikut adalah beberapa aturan umum dalam bermain selancar pasir:

Gunakan Peralatan Pelindung

Pastikan selalu menggunakan peralatan pelindung, termasuk helm, pelindung lutut, dan pelindung siku saat bermain selancar pasir. Peralatan ini dapat membantu melindungi tubuh dari cedera jika terjatuh atau terjadi kecelakaan.

Pilih Area yang Aman

Selalu bermain selancar pasir di area yang ditunjuk atau aman untuk olahraga ini. Hindari wilayah yang berbahaya, seperti bukit pasir yang terlalu curam atau dekat dengan batu atau bebatuan yang bisa menyebabkan cedera saat terjatuh.

Jaga Kecepatan

Ketika meluncur di atas pasir, jaga kecepatan Anda dengan kendali penuh. Hindari meluncur terlalu cepat agar dapat menghindari bahaya dan dengan mudah mengendalikan papan selancar.

Jaga Kebersihan dan Lingkungan

Selalu jaga kebersihan lokasi bermain selancar pasir. Bawa pulang sampah dan hindari merusak lingkungan sekitar, termasuk tanaman dan satwa liar.

Ikuti Aturan Lokal

Jika bermain selancar pasir di area rekreasi atau wisata, patuhi semua aturan dan peraturan yang berlaku di lokasi tersebut. Aturan ini dapat berbeda-beda tergantung pada tempat dan negara.

Nah itulah sedikit informasi mengenai Sandboarding atau selancar pasir. Gimana? Apakah tertarik untuk mencobanya? Pastikan untuk selalu patuhi aturan dan salam olahraga. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post Terbaru

Didukung Oleh:

Anda Punya Pertanyaan?

Kirimkan pertanyaan anda lewat kontak di bawah ini.