Pengaruh Positif dari Olahraga pada Kesehatan Mental dan Fisik

Umum

Olahraga merupakan suatu aktivitas yang berhubungan dengan aktivitas fisik serta keterampilan. Olahraga juga sudah dijadikan sebagai aktivitas yang dilombakan dan sarana untuk memperoleh prestasi.

Bicara mengenai olahraga, Anda tentu sudah sangat sering mendengar bahwa seseorang yang rutin berolahraga mereka akan memperoleh banyak manfaat. Apakah Anda sudah mengetahui secara menyeluruh terkait  pengaruh apa saja yang diperoleh dalam melakukan olahraga? Jika belum, mari kita simak melalui ulasan berikut ini.

A. Bagi Kesehatan Mental

Berikut ini beberapa manfaat untuk kesehatan mental, antara lain:

  1. Mood dan Stres dapat Diperbaiki

Dalam manfaat yang pertama, ketika suasana hati Anda sedang sedih maupun hancur, alangkah baiknya Anda mulai mencoba melakukan olahraga. Sebab, olahraga dipercaya bisa merubah suasana hati menjadi tenang, senang bahkan sebagai aktivitas untuk melampiaskan kesedihan Anda.

Akan semakin baik, jika Anda melakukannya secara rutin. Anda bisa melakukannya mulai dari lari pagi atau sore, hingga aktivitas pada umumnya seperti badminton dan lain sebagainya. Selain itu, Olahraga juga bisa memperbaiki stres yang berlebih bahkan bisa mencegah terjadinya hal tersebut. Sebab sistem saraf baik pusat maupun tepi akan bekerja dengan baik.

  1. Kecemasan dan Depresi dapat Teratasi

Bagi kesehatan mental, olahraga juga mampu mengatasi kecemasan dan depresi seseorang. Hal ini dikarenakan olahraga akan menyuburkan produksi hormon yaitu endorfin yang mana hormon tersebut dapat mengatasi rasa sakit secara alami. Oleh karena itu, kecemasan dan depresi pada diri Anda akan teratasi jika melakukan olahraga.

  1. Rasa Percaya Diri akan Tumbuh

Jika rasa percaya diri Anda mulai menurun, Anda bisa menumbuhkan rasa tersebut dengan mudah yaitu rutin berolahraga. Hal ini dikarenakan, olahraga dapat merubah penampilan seseorang supaya menjadi ideal. Sehingga, Anda akan semangat dalam menjalani aktivitas apapun dimana Anda sudah dibekali dengan rasa percaya diri.

  1. Cara Kerja Otak akan Meningkat

Manfaat selanjutnya yaitu meningkatnya cara kerja otak. Hal ini dikarenakan olahraga dapat menyuburkan produksi zat kimia yang mana akan memicu terbentuknya sel otak yang baru. Sehingga hal ini akan membuat otak akan bekerja menjadi lebih baik seperti mudah menyerap terkait hal-hal yang baru dan mampu untuk berkonsentrasi.

  1. Menghindari dari Risiko Pikun

Pikun biasanya akan dialami seseorang ketika sudah berusia lanjut. Hal ini dapat dicegah dengan melakukan olahraga seperti senam di pagi hari. Jika senam dilakukan secara rutin, tentu risiko pikun akan semakin jauh.

  1. Pola Tidur dapat Diperbaiki

Jika sekarang Anda sedang mengalami gangguan tidur, alangkah baiknya Anda mencoba untuk rutin berolahraga. Sebab olahraga bisa membantu dalam memperbaiki pola tidur. Hal ini dikarenakan suhu tubuh meningkat yang akan mempengaruhi pikiran agar menjadi lebih tenang sehingga tidur pun menjadi lebih mudah.

Namun perlu diingat, Anda harus memulai aktivitas tersebut dari yang lebih ringan terlebih dahulu atau aktifitas yang tidak memerlukan banyak tenaga, contohnya senam. Jika Anda memaksakan berlari atau olahraga pada umumnya, hal ini justru akan membahayakan diri Anda sebab kondisi jantung Anda sedang tidak stabil yang mana disebabkan oleh kurangnya jam tidur.

B. Bagi Kesehatan Fisik

Berikut ini beberapa manfaat untuk kesehatan fisik, antara lain:

  1. Berat Badan Ideal

Sebenarnya mengkonsumsi lebih banyak makanan tidak membuat Anda gemuk selagi Anda juga rutin berolahraga. Sebab, olahraga dipercaya dapat menjaga berat badan seseorang supaya tetap ideal. Pada dasarnya meningkatnya berat badan jika kalori yang dikonsumsi tidak seimbang atau lebih tinggi daripada kalori yang dibakar. Oleh karena itu, jika kalori dapat seimbang, maka lakukanlah olahraga secara rutin.

  1. Imun akan Meningkat

Olahraga dapat memberikan pengaruh positif salah satunya yaitu meningkatkan sel darah putih dan antibodi. Sel darah putih yaitu sistem sel kekebalan tubuh dimana sel ini berperan sebagai benteng dari serangan penyakit. Dengan rutin berolahraga, imun dalam tubuh seseorang akan semakin meningkat. 

  1. Mengurangi Risiko Terkena Beberapa Penyakit

Dua penyakit yang seringkali muncul yang dikarenakan kurangnya berolahraga yaitu penyakit jantung dan stroke. Oleh karena itu, untuk meminimalisir terjadinya kedua penyakit tersebut yaitu dengan rajin berolahraga. Selain itu olahraga juga bisa mengontrol tekanan darah serta kadar gula darah.

  1. Tulang dan Otot Menjadi Lebih Kuat

Bagi Anda yang sudah mulai rutin berolahraga, sekarang Anda tentu sudah menikmati hasilnya yaitu tulang dan otot Anda menjadi lebih kuat. Pada dasarnya, tulang dan otot digunakan untuk menahan serta membantu tubuh melakukan gerakan. Oleh karena itu, menjaga kesehatan keduanya sangatlah penting untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

  1. Kesehatan Seksual dapat Meningkat

Bagi Anda sudah berkeluarga, pentingnya menjaga performa dan kesehatan seksual. Pada dasarnya, olahraga dapat menguatkan daya tahan tubuh serta meningkatkan kesuburan sehingga kesehatan seksual akan meningkat. Selain itu, olahraga dipercaya dapat mengurangi risiko teruntuk pria terkena disfungsi ereksi.

Demikianlah ulasan yang membahas mengenai pengaruh positif dari olahraga pada kesehatan mental dan fisik. Dengan mengetahui manfaat apa saja yang diperoleh, hal ini akan memotivasi Anda supaya rajin berolahraga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post Terbaru

Didukung Oleh:

Anda Punya Pertanyaan?

Kirimkan pertanyaan anda lewat kontak di bawah ini.