Siapa sih yang belum tahu tentang permainan yang satu ini? Permainan bola basket merupakan suatu permainan menggunakan bola besar dengan jumlah pemain sebanyak 5 orang. Permainan bola besar ini cukup terkenal, mulai dari kalangan anak-anak sampai orang dewasa . Permainan ini sering digunakan sebagai olahraga rekreasi untuk menghilangkan rasa lelah.

Bukan hanya sekedar memainkan saja, namun tahukah Anda mengenai peraturan apa saja dalam permainan ini? Tidak banyak orang yang mengetahui peraturan yang sudah diatur dalam pertandingan bola basket. Kebanyakan hanya tahu cara memainkannya, tanpa mengetahui peraturan yang dimainkan. Oleh karena itu, disini penulis akan memberikan ulasan mengenai beberapa macam peraturan dalam permainan bola basket. Yuk, simak ulasan lengkapnya dibawah ini!

Peraturan Dalam Permainan Bola Basket

Berikut ini beberapa peraturan permainan bola basket yaitu sebagai berikut :

1. Peraturan Lebar Lapangan Permainan

Hal paling mendasar yang perlu Anda ketahui yaitu mengenai lebar lapangan bola basket. Lapangan bola basket ini mempunyai 2 ukuran standar yang sangat umum digunakan. Ukuran lapangan yang pertama dirumuskan oleh NBA ( National Basketball Association). Biasanya ukuran lapangan ini digunakan dalam pertandingan di liga Amerika. Ukuran lapangan bola basket ini mempunyai panjang sebesar 2,85 meter dan lebarnya sebesar 15 meter. Ukuran lapangan ini berbeda dengan FIBA, FIBA merumuskan ukuran standar lapangan dengan panjang sebesar 26 meter dan lebarnya sebesar 14 meter.

2. Peraturan Mengenai Lama Waktu Permainan

Peraturan yang jarang diketahui banyak orang yaitu lamanya waktu permainan. Lama waktu permainan bola basket terdapat 2 jenis, yaitu berdasarkan FIBA dan aturan NBA. Menurut peraturan FIBA durasi waktu permainan bola basket ini adalah 4 x 10 menit. Dan menurut NBA durasi permainan adalah 4 x 12 menit.

3. Peraturan Mengenai Pelanggaran 3 Second Violation

Pelanggaran ini disebut pelanggaran dengan durasi waktu 3 detik. Hal ini terjadi jika pemain berada dalam daerah tembakan bebas. Pelanggaran ini terjadi jika pemain berada dalam daerah lawan lebih dari 3 detik, maka pemain tersebut akan diberikan peringatan pelanggaran. Oleh karena itu, pemain bola basket harus memperhatikan posisinya saat bermain dan memperhatikan pada saat melakukan pergerakan. Jangan sampai Anda terkena pelanggaran ini karena kelalaian Anda sendiri.

4. Peraturan Pelanggaran Bola Basket Back Ball

Peraturan dalam permainan bola basket yang jarang diketahui banyak orang dan sering dilanggar adalah peraturan back ball. Peraturan back ball ini adalah pelanggaran yang diberikan kepada pemain yang membawa bola basket ke daerah pertahanan lawan, melalui garis tengah.Pemain akan dinyatakan melanggar peraturan karena membawa bola ke daerah pertahanan.

5. Peraturan Mengenai Pelanggaran Traveling atau Walking

Pelanggaran walking ini akan terjadi jika pemain membawa bola basket tanpa melakukan dribble pada jarak perpindahan lebih dari 2 langkah. Secara tidak langsung, pemain sama saja membawa bola tanpa mengikuti peraturan yang ditentukan.
Tetapi, Anda boleh membawa bola sewaktu-waktu dalam permainan, namun jarak maksimalnya yaitu hanya 2 langkah. Gerakan ini dinamakan dengan lay up yang diperbolehkan diambil sebelum melakukan shoot ke ring basket.

6. Peraturan Mengenai Pelanggaran Shot Clock Violation

Pelanggaran yang jarang diketahui dan sering dilanggar dalam pelanggaran shot clock violation. Pelanggaran ini ditujukan kepada pemain yang melakukan penyerang lebih dari 24 detik. Sebelum bola menyentuh ring basket. Hal ini tidak diperbolehkan, karena waktu penyerangan maksimal hanya 24 detik dan tidak boleh lebih. Jadi, usahakan sebelum 24 detik,bola sudah berhasil menyentuh ring basket.

7. Peraturan Mengenai Pelanggaran 8 Second Violation

Terdapat juga peraturan yang mengatur lama waktu membawa bola pada daerah pertahanan yang tidak kena pelanggaran.Tim basket pasti mempunyai daerah pertahanan yang harus dijaga agar tim lawan tidak bisa masuk dan melempar bola ke ring. Pertahanan ini diwujudkan dengan mengambil bola lawan pada daerah pertahanan. Standar batas waktu untuk mempertahankan bola di daerah Anda sendiri hanya 8 detik saja. Waktu ini merupakan waktu yang Anda miliki untuk membawa bola dari pertahanan Anda masuk ke pertahanan lawan. Jika lebih dari 8 detik, maka Anda akan terkena pelanggaran.

8. Peraturan Mengenai Pelanggaran Jumping

Hal yang perlu Anda ketahui dalam permainan bola basket yaitu melakukan lompatan tanpa terkena pelanggaran. Lompatan atau jumping dapat dinyatakan sebagai pelanggaran jika melakukan tembakan dalam suatu kondisi yang tidak memungkinkan. Hal ini akan terjadi jika pemain melompat pada saat melakukan tembakan, namun mendadak turun dari lompatan tersebut. Cara untuk menghindari pelanggaran ini adalah biasakan untuk melakukan latihan tembakan langsung dengan lompat.

9. Peraturan Mengenai Pelanggaran Offensive Foul

Peraturan yang jarang diketahui dan sering dilanggar berikutnya adalah pelanggaran yang bersifat kasar dan membahayakan orang lain. Pelanggaran ini biasanya disebabkan karena seseorang ingin menjadi pemain terbaik. Keadaan ini akan membuat pemain melakukan tindakan apapun, sehingga secara tidak langsung pemain akan memprovokasi Anda dengan tim lawan. Jika sudah terpancing emosi, maka pertikaian akan terjadi dan muncul pelanggaran offensive ini.

10. Peraturan Mengenai Pelanggaran Personal Foul

Pelanggaran ini dapat terjadi jika seorang pemain melanggar pemain lainnya dengan berbagai cara.Berikut ini gerakan pertahanan yang bisa membuat pelanggaran antara lain gerakan hold(menahan), push(mendorong), reaching(menarik), dan illegal blocking(menghalangi secara ilegal).

Itulah tadi bahasan mengenai peraturan dalam permainan bola basket yang jarang diketahui dan sering dilanggar. Anda dapat berlatih dan bermain bola basket ini dengan mengikuti peraturan yang sudah ditentukan.