Sedang Tren, Inilah Teknik Yang Perlu Dikuasai Sebelum Mencoba Scuba Diving

Umum

Apakah anda ingin mencoba hal baru yang cukup ekstrim dan juga menyenangkan? Scuba diving bisa menjadi salah satu pilihan anda. Dan juga karena didukung oleh banyaknya pulau di Indonesia yang membuat lokasi diving pun banyak dan sangat indah tentunya. Tidak asal menyelam saja, scuba diving juga memerlukan teknik yang harus diperhatikan juga kuasai. Dan karena saat ini sedang tren, inilah teknik yang perlu dikuasai sebelum mencoba scuba diving. Tapi sebelum membahas teknik tadi, kita harus tau, apa itu scuba diving.

Sekilas Mengenai Scuba Diving

Cukup banyak sekali orang yang penasaran dan mencoba scuba diving ini, entah sebagai hiburan atau rekreasi dan sebuah olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh. Ternyata ada sebuah penelitian yang menyatakan jika scuba diving bisa untuk meningkatkan mood dan mengurangi stres.

Self-Contained Underwater Breathing Apparatus merupakan singkatan dari SCUBA, kami yakin banyak dari anda yang belum tahu akan ini. Yang dimaksudkan anda harus mengenakan juga menggunakan peralatan khusus yang membantu anda untuk bernafas di dalam air.

Ada beberapa alat dasar yang digunakan dalam scuba diving, diantaranya:

  • Wetsuit: merupakan sebuah baju yang fungsinya melindungi tubuh dari pendinginan saat di air.
  • Masker: topeng ini berfungsi untuk melindungi mata juga hidung penyelam, dan fungsi lainnya yang juga penting adalah untuk membantu penyelam meningkatkan penglihatan saat berada di dalam air.
  • Fins: alat bantu yang satu ini mungkin saja anda sudah bisa tau fungsinya. ya ini merupakan alat yang seperti kaki katak, fungsinya untuk membantu penyelam bergerak dalam air.
  • Buoyancy Compensator atau BCD: ini merupakan alat yang berbentuk mirip rompi, fungsi dari alat ini adalah membawa semua peralatan selam, tabung udara, juga regulator.
  • Weight belt: fungsi dari alat ini adalah membantu penyelam turun ke dalam air dengan kedalaman yang ditentukan penyelam.
  • Tabung udara atau tangki: fungsi dari alat ini tentu sudah jelas. Ya, menampung udara untuk bernafas ketika menyelam.
  • Regulator: ini merupakan selang yang fungsinya adalah mengalirkan udara ke mulut tapi sebelum itu regulator mengubah tekanan udara yang cukup tinggi dari tabung udara.

Kami yakin anda sudah paham, alat yang dibutuhkan bukan? sekarang kita akan lanjut untuk membahas:

Sedang Tren, Inilah Teknik yang Perlu Dikuasai Sebelum Mencoba Scuba Diving

1. Teknik Pernapasan
Yang pertama ada teknik pernapasan, salah satu manfaat yang membuat seseorang melakukan scuba diving adalah membuat sistem pernapasan jadi lebih kuat. Ini dikarenakan saat sedang menyelam, anda menggunakan teknik pernapasan dalam, secara perlahan melewati mulut. Hal ini untuk menghindari adanya cedera paru-paru.

Dan anda juga harus memahami teknik bernapas yang menggunakan mulut, dibantu dengan tabung udara atau tangki dan selang regulator.

2. Teknik Berenang
Nah di teknik ini, merupakan alasan anda membutuhkan alat fin. Karena scuba diving sendiri merupakan olahraga yang sangat mengandalkan dari gerakan kaki.

Ada dua macam gaya pada gerakan kaki dalam diving yang sedang populer, frog kick dan flutter kick.

  • Frog kick, teknik yang satu ini sangat cocok untuk anda, ketika sedang diving ditempat yang sempit, dan dekat dengan dasar pasir. Untuk gerakannya sendiri sangat mirip dengan teknik renang gaya dada.
  • Flutter kick, teknik ini sangat cocok ketika anda sedang berada pada perairan yang terbuka. Ini karena gerakan kaki teknik ini mirip dengan renang gaya bebas, juga pergerakannya cukup cepat serta mampu untuk melawan arus kuat.


3. Regulator Clearing
Teknik ini berfungsi untuk membersihkan atau mengeluarkan sejumlah air yang bocor melalui regulator. Untuk cara melakukannya dengan cara meniup regulator sekuat yang anda bisa hingga airnya bisa keluar. Cara lain yang bisa digunakan adalah menekan sebuah tombol, yaitu tombol purge ini bisa membuat air dalam regulator otomatis dikeluarkan.

4. Hand Signal
Sebelum anda menyelam, sangat dianjurkan untuk mempelajari dan mengenal hand sinyal atau isyarat tangan. Karena membuat komunikasi saat berada di dalam air jadi lebih mudah.

Dan sangat dianjurkan untuk membawa rekan atau pendamping, baik itu pemula atau seorang pro. Selain di atas tadi masih ada juga teknik lainnya, seperti pemasangan peralatan juga pelepasan serta yang lainnya. Dan itu tadi merupakan pembahasan tentang hal yang sedang tren, inilah teknik yang perlu dikuasai sebelum mencoba scuba diving.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post Terbaru

Anda Punya Pertanyaan?

Kirimkan pertanyaan anda lewat kontak di bawah ini.

Categories