Teknik ini yang Harus Dikuasai Sebelum Anda Melakukan Olahraga Panjat Tebing

Umum

Salah satu olahraga yang kegiatannya di alam bebas yaitu panjat tebing atau biasa disebut rock climbing. Panjat tebing atau rock climbing merupakan olahraga dari bagian mendaki yang harus memiliki keahlian yang khusus.

Panjat tebing memiliki tujuan yaitu menyusuri jalur untuk pendakian yang tidak dapat dilewati bisanya dengan berjalan. Sebab itulah yang membuat olahraga panjat tebing harus memiliki keahlian yang khusus.

Olahraga panjat tebing lebih mengutamakan kekuatan dan kelenturan tubuh serta kepandaian untuk dapat memakai peralatan yang memadai. Olahraga ini harus pandai untuk dapat menemukan pegangan dan pijakan yang pas di celah bebatuan.

Sebagai pemula Anda harus tahu mengenai teknik dasar yang harus dikuasai saat akan memanjat tebing serta dapat meningkatkan keseimbangan posisi tubuh. Untuk lebih lanjut mari kita simak mengenai teknik ini yang harus dikuasai sebelum Anda melakukan olahraga panjat tebing, tapi sebelum itu mari kita simak sedikit tentang manfaat dari memanjat tebing.

Manfaat dari memanjat tebing:

  • Kesehatan tubuh menjadi terjaga
  • Dapat melatih kepercayaan diri sendiri
  • Untuk melatih keseimbangan dan kecepatan tubuh
  • Dapat mengurangi stres

 

Berikut ini adalah teknik dasar yang harus dikuasai saat akan melakukan olahraga panjat tebing, yakni:


Teknik Hooking


Teknik hooking adalah salah satu teknik dasar pertama yang harus dipelajari jika ingin melakukan olahraga panjat tebing. Teknik ini dilakukan dengan mengangkat bagian kaki dan tubuh sehingga dapat mengurangi beban pada bagian tangan pemanjat atau climber.

Teknik hooking juga dibedakan menjadi dua yakni:

1. Heel Hooks

Gerakan bagian tumit membuat pegangan di atas yang sejajar dengan bagian tubuh yang atas.

2. Toe Hooks

Gerakan untuk dapat menjaga bagian tubuh supaya tetap sejajar dengan permukaan dinding tebing di area yang menjuru.

 

Teknik Chimneying

 

Teknik chimneying merupakan gerakan yang berguna untuk memanjat celah yang vertikal memiliki ukuran yang besar atau teknik wall climbing. Teknik chimneying sendiri dilakukan dengan cara memasukkan bagian tubuh dan punggung di antara celah ke salah satu permukaan dari tebing. Kemudian, kaki yang satu ditempelkan pada permukaan tebing dan kedua tangan memposisikan tubuh untuk ditarik ke atas dengan menggunakan bantuan dari kedua kaki untuk dapat menahan dan menyeimbangkan bagian tubuh.

 

Teknik Face Climbing

 

Face climbing adalah teknik memanjat pada permukaan tebing yang menggunakan teknik kaki dan tangan untuk dapat menyeimbangkan tubuh saat mendaki, yang memanfaatkan rongga atau celah pada tebing yang memadai.

Face climbing sendiri memiliki lima teknik gerakan dasar yaitu:

1. OutsidX&e Edge

Teknik kaki bagian luar yang digunakan sebagai pijakan saat memanjat yang sering digunakan.

2. Flag

Teknik menggunakan kaki bagian dalam sebagai pijakan untuk keseimbangan kaki.

3. Drop Knee

Teknik kaki sebagai tumpuan saat putaran menggunakan satu kaki dengan lebar tumpuannya.

4. Twist Lock

Gerakan memutar kaki setelah mendapat pijakan untuk dapat memperpanjang jangkauan dan menggunakan teknik diagonal.

5. Frog

Gerakan kaki yang sejajar dan terbuka, sehingga kaki menghadap tebing dan tangan akan lurus ke atas sehingga tidak mudah capek dan nyaman.

 

Teknik Slab Climbing

 

Teknik slab climbing atau friction adalah teknik yang menggunakan teknik gesekan untuk tumpuan. Teknik ini digunakan pada suatu bagian tebing yang rata dan kemiringannya tidak terlalu vertical, teknik gesekan terjadi karena permukaan yang cukup kasar. Teknik gesekan sendiri dapat diperoleh dengan memberatkan sebuah bidang gesek dengan menggunakan bidang yang normal.

 

Teknik Bridging

 

Teknik bridging adalah salah satu teknik memanjat yang memiliki celah yang besar atau gullies pada celah vertical. Pada teknik ini menggunakan kedua tangan dan juga kaki untuk berpegangan pada permukaan tebing, serta posisi tubuh mengangkang. Kedua kaki berguna untuk menumpu sedangkan bagian tangan digunakan untuk menyeimbangkan posisi tubuh.

 

Itulah beberapa penjelasan mengenai teknik ini yang harus dikuasai sebelum Anda melakukan olahraga panjat tebing. Saat Anda akan melakukan olahraga panjat tebing ini harus memiliki keahlian yang khusus sehingga tidak terjadi dengan hal hal yang tidak diinginkan, jangan lupa jika akan melakukan panjat tebing gunakan alat pengaman saat memanjat untuk menjaga keselamatan Anda. Terima kasih, semoga dapat membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post Terbaru

Didukung Oleh:

Anda Punya Pertanyaan?

Kirimkan pertanyaan anda lewat kontak di bawah ini.