Teknik Teknik dalam Melakukan Olahraga Snowboarding

Umum

Olahraga memiliki banyak jenis dan bentuknya, salah satunya olahraga ekstrim yaitu selancar di atas salju atau yang dikenal dengan snowboarding. Olahraga ini berasal dari Amerika Serikat, sudah ada sejak 1960, namun baru mulai populer tahun 2006.

Perlu Anda ketahui, bahwa olahraga ini sudah masuk dalam perlombaan pada Olimpiade musim dingin 1988 di Nagano, Jepang. Mulai saat itulah snowboarding mulai dikenal dan menjadi ajang lomba, hingga memiliki banyak atlet yang terkenal dengan gaya selancarnya.

Snowboarding dilakukan pada tempat yang berselaju seperti gunung es di Benua Amerika dan di Kanada Whistler Blackcomb, menjadi spot utama yang direkomendasikan. Nah sebelum mencoba olahraga ini. 

Anda perlu mengetahui teknik teknik dalam melakukan olahraga snowboarding, karena tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Berikut ini penjelasan singkatnya mengenai teknik-teknik yang perlu diperhatikan.

1. Teknik Bagi Pemula

Bagi Anda yang baru mulai belajar sebaiknya mencoba bermain ski, lakukanlah pada area khusus pemula. Biasanya para pemula akan diajarkan untuk cara meluncur dari lereng, dan lereng tersebut harus berukuran kecil dan diawasi juga oleh orang yang sudah profesional.

Pada jalur khusu sering ditemukan jalur yang grandul, saat itulah peselancar harus bisa menyeimbangkan diri dengan mengendalikan gerakan tubuh secara perlahan. Hal ini dilakukan agar tetap aman ketika bermain.

2. Teknik Posisi Berdiri

Langkah awal yang harus dilakukan adalah belajar posisi berdiri di atas papan dengan benar. Ada dua gaya untuk berdiri di atas papan, gaya tersebut tergantung tumpuan kaki yang digunakan. 

  • Pilih cara yang nyaman, jika ingin memposisikan kaki kiri di depan maka perlu menggunakan posisi kaki reguler.
  • Namun apabila kaki kanan yang diletakkan di depan berarti Anda menggunakan posisi kaki yang ganjil. 
  • Agar papan dapat meluncur, kaki bagian depan harus melakukan dorongan ke depan.
  • Contohnya ketika Anda akan memakai celana, pastinya kaki yang dominan sering dipakai yang masuk terlebih dahulu, hal ini sama seperti bermain snowboarding.¬†

3. Teknik Berlatih Bergerak

Teknik kedua yang perlu dipelajari yaitu cara meluncur dengan papan, melakukan latihan gerakan pada area yang datar. Meluncurlah dan rasakan sensasinya ketika bergerak dengan papan.

  • Ikatlah kaki bagian depan pada papan.
  • Pada kaki bagian belakang biarkan untuk keluar dari papan atau bidding.
  • Kaki belakang bergerak dengan mendorong ke depan seperti bermain skateboard.
  • Dengan begitu mulailah bergerak ke depan dan kaki belakang berpindah posisi ke dalam bidding.

4. Teknik Meluncur di Lereng

Jika sudah bisa meluncur menggunakan papan, cobalah untuk melewati berbagai lereng yang kecil. Terutama bagi pemula harus menggunakan jalur khusus pemula, dengan teknik : 

  • Cobalah memulainya dengan menuruni bukit atau lereng yang kecil,
  • Harus tetap menjaga keseimbangan dengan merendahkan posisi tubuh atau sedikit menunduk.
  • Ketika tubuh dicondongkan, pastikan tidak terlalu jauh pada satu sisi.
  • Gunakan lengan Anda seperti burung yang sedang terbang, hal ini bisa untuk menyeimbangkan posisi tubuh.
  • Jika merasa akan jatuh, posisikan berat badan kebagian tempat yang di rasa akan jatuh.

5. Dapat Mengarahkan Kemana Ingin Pergi

Ketika sedang selancar Anda harus memperhatikan arah dan tujuan kemana akan pergi, jangan terlalu memperhatikan sekeliling karena dapat membuat konsentrasi buyar. Dilakukannya hal ini agar papan dapat terkendali dengan baik dan tepat, dan apabila ingin berbelok arah cukup palingkan wajah dan tubuh Anda ke arah yang akan dituju.

6. Mengalihkan Berat Badan

Kunci agar bisa bergerak cepat pada olahraga snowboarding dengan mengatur berat atau bobot badan. Ketika akan berbelok Anda harus mengubah posisi bobot badan agar papan dapat seimbang, teruslah berlatih agar kemampuan Anda untuk meluncur semakin baik dan lebih lincah lagi.

  • Ketika sedang meluncur lurus terkadang bobot badan ada pada tumpuan tumit.
  • Cara yang tepat untuk dilakukan dengan mengalihkan atau memindahkan bobot badan ke arah tujuan.
  • Tangan juga harus diayunkan agar bobot semakin bertambah ketika berbelok.
  • Lakukan pergerakan dengan hati-hati, jangan terlalu mencondongkan badan agar tidak jatuh.

Nah, itulah penjelasan yang dapat kami berikan untuk Anda mengenai teknik-teknik dalam melakukan olahraga snowboarding. Semoga penjelasan yang kami berikan dapat menambah ilmu sekaligus wawasan bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post Terbaru

Anda Punya Pertanyaan?

Kirimkan pertanyaan anda lewat kontak di bawah ini.

Categories