Tips-Tips Melakukan Olahraga Hang Gliding

Umum

Tahukah Anda apa olahraga hang gliding? Mungkin banyak orang yang belum tahu mengenai olahraga satu ini. Memang cukup mainstream olahraga satu ini, jangan mencoba apabila Anda memiliki phobia terhadap ketinggian.

Karena olahraga ini dilakukan dari atas bukit yang tinggi dan hanya bisa dilakukan oleh orang yang bernyali. Jadi olahraga hang gliding merupakan olahraga yang dilakukan dari puncak bukit dengan menggunakan pesawat layang tanpa motor.

Nantinya orang tersebut berlari dan terbang dari atas menggunakan pesawat dengan alat pengaman yang sudah disediakan. Dilakukan di alam terbuka yang memiliki tekanan angin besar agar dapat pesawat dapat terbang.

Lalu, apa tips-tips untuk melakukan olahraga hang gliding? Yuk simak bersama penjelasanya mengenai hal tersebut, berikut ini.

Tips Melakukan Olahraga Hang Gliding

1. Pilih Lokasi yang Tepat

Hal utama yang perlu diperhatikan adalah menentukan lokasi yang tepat, pilihlah lokasi sesuai standar yang diinginkan seperti menentukan ketinggiannya, tekanan angin, dan perhatikan juga apakah daerah di sekitar ada bahaya atau tidak.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan tempat yang akan digunakan untuk mendarat karena tak jarang pilot mendarat di tempat yang salah sehingga dapat menyebabkan kerugian terhadap material maupun fisik.

2. Gunakan Alat Pengaman

Anda harus menggunakan alat pengaman juga, jika ingin melakukan olahraga ini karena cukup berbahaya. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya hal yang tidak diinginkan. Cuaca dapat berubah secara tiba-tiba dan kemungkinan angin bisa berhembus lebih kencang dari perkiraan.

Jadi gunakanlah alat pengaman agar olahraga gang glinding dapat berjalan aman dan lancar. Perhatikan juga pesawat apakah bolong atau mengalami kerusakan, jangan lupa gunakan helm untuk pengaman kepala saat mendarat.

Selain itu gunakan flying suit atau harness agar badan kalian dapat terjaga dengan baik. Dan yang terakhir jangan lupa untuk membawa GPS, radio komunikasi, variometer agar Anda tidak lepas komunikasi dan masih dalam pengawasan.

3. Harus Diawasi Oleh Orang yang Sudah Berpengalaman

Bagi pemula tidak boleh menerbangkan pesawat olahraga hang gliding sendirian, Anda harus diawasi oleh orang yang sudah berpengalaman. Selain itu, harus dilakukan latihan dulu selama 10 hari, seperti negara lain juga menerapkan aturan yang sama sebagai standar ketentuan.

Oleh karena itu, pilihlah pengawas atau instruktur yang sudah memiliki pengalaman di bidang ini, sehingga dapat membingbing dan memberi arahan Anda dengan baik dan benar.

4. Bisa Konsentrasi dan Perhatikan Arahan dari Instruktur

Ketika Anda sudah terbang di udara atau yang disebut take off, tetaplah untuk konsentrasi. Karena kita tidak mengetahui apabila tekanan udara berubah atau karena hal lainnya yang bisa menganggu perbangan.

Jika Anda membawa radio coba dengarkan instruksi dari pengawas apabila mengalami hal yang mengganggu penerbangan.

5. Rileks dan Pandangan Selalu ke Depan

Saat sudah mulai take off padangan selalu menghadap ke depan, tetaplah fokus dan konsentrasi. Jangan panik  dan rileks agar mengurangi rasa takut terhadap ketinggian, selain itu ketenangan juga menjadi kunci utama berhasilnya Anda melakukan penerbangan.

Jika Anda tetap tenang dan rileks mungkin olahraga ekstrim ini bisa menyenangkan, karena Anda menikmati pemandangan dari udara. Meskipun olahraga ini terbilang bahaya namun banyak yang menggemarinya karena dianggap bisa melatih mental.

Manfaat Olahraga Hang Gliding

1. Dapat Memperkuat Otot

Manfaat yang pertama dapat membantu memperkuat otot lengan Anda, hal ini karena saat tekanan angin yang sangat kuat. Sehingga ketika pilot memegang sayap pesawat dapat membangun otot lengan agar bisa menahan tekanan yang disebabkan oleh udara.

2. Bisa Meningkatkan Konsentrasi

Ketika sedang naik hang gliding mungkin Anda akan terbawa suasana karena melihat pemandangan yang begitu indah. Namun Anda juga harus berkonsentrasi agar diri tetap dalam keadaan aman hingga mendarat.

Oleh karena itu, dengan melakukan olahraga ini dapat membantu Anda untuk meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan.

3. Menghilangkan Rasa Stres

Melakukan olahraga hang gliding dianggap bisa membantu menghilangkan rasa stres karena terobati melihat indahnya pemandangan dari atas udara. Saat berada di udara tubuh akan merasa nyaman dan rileks terkena hembusan angin yang segar dengan ketinggian yang melatih mental.

Nah, Itulah penjelasan yang dapat kami berikan mengenai tips-tips melakukan olahraga hang gliding Anda perlu memperhatikan beberapa hal yang sudah dijelaskan di atas. Meskipun olahraga yang ekstrim, namun permainan ini seru dan menyenangkan apabila Anda sudah melakukan persiapan sebaik mungkin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post Terbaru

Didukung Oleh:

Anda Punya Pertanyaan?

Kirimkan pertanyaan anda lewat kontak di bawah ini.