Usai vaksin Covid, Bolehkah Berolahraga?

Umum

Olahraga merupakan menjadi pilihan banyak orang untuk mengisi waktu di era pandemi seperti sekarang ini. Sebagian orang mungkin berpikir untuk memulai berolahraga selama masa pandemi. Selain untuk mengisi waktu luang, olahraga juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Terlebih setelah berbagai pembatasan mulai di longgarkan, olahraga di luar ruangan mulai kembali diperbolehkan secara terbatas. 

Ketika berolahraga menjadi hobi mungkin enggan untuk melewatkan hari tanpa olahraga. Namun bagaimana jika baru di vaksin?, amankah melakukan olahraga setelah menjalani vaksin covid-19. Para ahli mengatakan bahwa dinilai aman untuk berolahraga setelah menjalani vaksin covid-19. Sejauh ini belum ada bukti yang menunjukan bahwa berolahraga setelah vaksin dapat membahayakan kesehatan atau mempengaruhi kemanjuran vaksin. 

Menurut dr Pritam Moon, dokter konsultan di RS Wockhardt, Mumbai mengatakan bahwa berolahraga secara teratur justru akan bermanfaat untuk meningkatkan respon vaksin. Meski dinilai aman untuk berolahraga setelah vaksin namun para ahli tetap memperingatkan efek samping vaksin. 

Jangan abaikan efek samping vaksin 

Sebelum melakukan kegiatan olahraga penting untuk memperhatikan efek samping yang dirasakan secara langsung. Kemudian kamu dapat mengubah rutinitas atau jadwal olahraga yang telah disesuaikan dengan efek samping. Kemungkinan efek samping yang akan muncul setelah melakukan vaksinasi yaitu rasa sakit atau bengkak di tempat bekas suntikan, lemas, mual, sakit kepala, dan demam. Sementara fisioterapis dr Juhi Dang menekankan bahwa seseorang tidak boleh mencoba jenis olahraga baru yang belum pernah dicoba sebelumnya tepat setelah melakukan vaksin. 

Umumnya Dokter menyarankan untuk tidak melanjutkan olahraga, tetapi beberapa ada yang tidak seperti itu juga. Ini hanyalah tindakan pencegahan untuk tidak menambah rasa sakit, olahraga berat dapat memperburuk rasa sakit itu. Namun jika sudah terbiasa latihan dengan intensitas yang tinggi maka kamu dapat melanjutkan olahraga tersebut. Namun janganlah memulai sesuatu yang lebih intens yang tubuh tidak terbiasa setelah mendapatkan suntikan, menurut Dr Dang. 

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit menyarankan orang-orang untuk menjaga lengan mereka tetap aktif berfungsi untuk mengatasi rasa sakit pada area suntikan. Sehingga rasa sakit pada area tempat suntikan tersebut dapat terasa lebih baik. 

Kapan seseorang dapat kembali lagi berolahraga

Para pakar mengungkapkan idealnya seseorang beristirahat selama satu atau dua hari setelah melakukan vaksin, baru dapat melakukan rutinitas olahraga. Menurut dr Sharwari Dabhade Dua, Konsultan penyakit dalam RS Rainbow Hospital, Delhi, India, jika melihat ada efek samping demam, nyeri tubuh, atau mual, maka ada baiknya untuk beristirahat selama dua hari. Tidak disarankan untuk melakukan aktivitas fisik yang terlalu melelahkan setelah menjalani vaksin. Lebih baik lagi untuk menunggu 2 hingga 3 hari setelah vaksin supaya nyeri otot dan kelelahan mereda. 

Istirahat selama beberapa hari tidak akan menghambat kemajuan latihan seseorang dalam olahraganya. Penting untuk membiarkan tubuh untuk pulih dari efek samping dari vaksin tersebut. 

Selain itu ada beberapa hal yang harus di pertimbangkan jika kamu telah melakukan vaksin yaitu:

1. Observasi

Petunjuk teknik vaksinasi covid-19 mengharuskan menunggu selama 30 menit sebelum meninggalkan tempat vaksinasi. Demikian petugas juga harus memantau berbagai kemungkinan yang terjadi selama 30 menit tersebut. Maka jika kamu akan melakukan olahraga maka tunggu setelah selesai observasi.

2. Ada kemungkinan efek samping

Beberapa keluhan ringan yang dialami setelah vaksin umumnya dianggap wajar diantaranya yaitu letih, sakit kepala, nyeri otot, bahkan hingga demam. Menurut David Wyles MD ahli penyakit infeksi dari Denver Health, efek samping tersebut merupakan pertanda sistem imun merespon vaksin. Dr David juga mengatakan keluhan tersebut akan cepat hilang dan tidak terlalu mengganggu aktivitas sehari-hari

3. Tidak langsung kebal

Salah satu titik lengah penularan yaitu ketika berolahraga bersama kemudian dilanjutkan dengan kumpul-kumpul. Penting untuk diingat, vaksin tidak memberikan kekebalan sesaat setelah di suntikan. Karena memakai masker dan jaga jarak memanglah wajib untuk diterapkan.

4. Jadi apakah boleh vaksin setelah olahraga

Selama tidak muncul penyakit serius yang ditimbulkan setelah vaksinasi maka tidak ada larangan untuk melakukan aktivitas seperti biasa. Bahkan beberapa keluhan ringan setelah vaksin juga tidak perlu dijadikan alasan untuk tidak melakukan aktivitas. 

Tags :
Share This :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Post Terbaru

Anda Punya Pertanyaan?

Kirimkan pertanyaan anda lewat kontak di bawah ini.

Categories